SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif, Pengalaman Prakerin, dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja di SMK Negeri 1 Kraksaaan Probolinggo

Dita Nur Faizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Faizah,D.N. 2017. Pengaruh Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif, Pengalaman Prakerin, dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja di SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: prestasi belajar, pengalaman prakerin, minat kerja, kesiapan kerja

Kualitas sumber daya manusia adalah ujung tombak bagi keberhasilan suatu negara yang ditandai dengan minimnya tingkat pengangguran dengan mencetak lulusan yang siap kerja melalui pendidikan. SMK adalah lembaga pendidikan yang berorientasi mencetak lulusan siap kerja. Kesiapan kerja siswa SMK dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu prestasi belajar mata diklat produktif, pengalaman prakerin dan minat kerja. Tujuan dari penelitianini untuk mengetahui: (1) deskripsi prestasi belajar mata diklat produktif;(2) deskripsi pengalaman prakerin; (3) deskripsi minat kerja; (4) deskripsi kesiapan kerja; (5) pengaruh prestasi belajar mata diklat produktif, pengalaman prakerin, dan minat kerja secara parsial terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan expost facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar mata diklat produktif (X1), pengalaman prakerin (X2), minat kerja (X3) dengan variabel terikatadalah kesiapan kerja (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas XII bisnis dan manajemendi SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo yang berjumlah 189 siswa dengan sampel 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Skala dalam penelitian ini adalah skalaLikertdengan 5 opsi jawaban yaitu Sangat Setuju diberi skor 5, Setuju diberi skor 4, Cukup Setuju diberi skor 3, Tidak Setuju diberi skor 2 dan Sangat Tidak Setuju diberi skor 1.Data yang diperoleh bersumber dari responden (data primer) dan dokumentasi nilai rapor (data skunder). Teknik pengumpulan data menggunakan: metode kuesioner dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda terdapat uji prasyarat berupa uji asumsi klasik yang terdiri dariuji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar mata diklat produktifsiswa dalam kategori baik; (2) pengalaman prakerinsiswa dalam kategori baik;(3) minat kerja siswa dalam kategori baik; (4) kesiapan kerja siswa dalam kategori baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada grafik normal P-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) model regesi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance> 0,10 atau sama dengan nilai VIF< 10; (3) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas yang terlihat dari titik-titik pada gambar grafik Scatterplot yang menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja; (2) terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja;(3) terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara minat kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII bisnis dan manajemen di SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo.

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini dapat dijelaskan bahwa secara parsial prestasi belajar mata diklat produktif berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, hasil ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya karena siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik umumnya tidak berkeinginan untuk bekerja setelah lulus dari SMK melainkan ingin melanjutkan kuliah. Sedangkan pada variabel pengalaman prakerin dan minat kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesiapan kerja. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,005 artinya sebanyak 5% kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo dipengaruhi oleh prestasi belajar mata diklat produktif, pengalaman prakerin, dan minat kerja. Sisanya sebesar 95% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti motivasi kerja dan dukungan sosial keluarga.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi guru produktif manajemen bisnis diharapkan mampu terus mempertahankan dan meningkatkan pencapaian hasil belajar yang baik yang telah dicapai sebelumnya;(2) Bagi penanggung jawab prakerin diharapkan terus menjalin hubungan baik dengan pihak industri demi kenyamanan siswa saat menjalanani prakerin; (3) bagi siswa manajemen bisnis di SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo harapannya untuk senantiasa melakukan evaluasi diri terhadap pencapaian hasil belajar yang telah dilakukan; (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperkaya referensi jurnal dan buku agar dapat menelusuri variabel bebas lainnya yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK.