SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL OTOMATISASI PERKANTORAN MATERI INTERNET, EMAIL DAN WEBSITE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang)

Maulidya Yulianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulianti, Maulidya. 2017. Pengembangan Modul Otomatisasi Perkantoran Materi Internet, Email dan Website dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si

 

Kata Kunci: modul, otomatisasi perkantoran, pendekatan saintifik

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar sebagai faktor pendukung yang berkualitas dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran diperoleh bahwa bahan ajar yang berupa modul yang tersedia di laboratorium komputer masih menggunakan versi lama dan hasil cetakan pun buram sehingga sulit untuk dibaca, sehingga modul tidak dapat digunakan secara maksimal dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, peneliti mengembangkan modul Otomatisasi Perkantoran dengan Pendekatan Saintifik sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan modul Otomatisasi Perkantoran materi Internet, Email dan Website dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar, (2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi, (3) untuk mengetahui keefektifan modul melalui hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D)  dan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah sebagai model pengembangannya. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk kelompok kecil, revisi produk, dan ujicoba pemakaian kelompok besar. Modul ini divalidasi oleh ahli materi dari guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran, ahli modul dari dosen Jurusan Manajemen dan uji kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa dari kelas X APK 1 dengan masing-masing 2 anak yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.

Hasil penelitian ini terdiri dari (1)  hasil pengembangan berupa modul Otomatisasi Perkantoran materi Internet, Email dan Website dengan Pendekatan Saintifik dalam bentuk cetak dan dilengkapi dengan buku pegangan guru. (2) Kelayakan modul dikategorikan sangat layak digunakan dengan perolehan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 97,3%, validasi ahli modul sebesar 81,3% dan ujicoba kelompok kecil sebesar 91,5%. (3) Keefektifan modul dilihat dari hasil nilai Post test yang dikerjakan oleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81 sedangkan kelas kontrol sebesar 67,42. Karena nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol maka modul yang dikembangkan dinyatakan efektif sebagai bahan ajar.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) bagi guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran disarankan menggunakan modul ini sebagai pendukung dan penunjang proses pembelajaran. (2) Bagi siswa dalam mempelajari modul sebaiknya memahami langkah-langkah yang diterapkan dalam modul terlebih dahulu. (3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat mengembangkan modul pembelajaran pada kompetensi dasar yang lain dan mengukur tingkat keefektifan modul pada semua ranah.