SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang)

Meita Dwiantari

Abstrak


ABSTRAK

 

Rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan, mengakibatkan peserta didik kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang rendah pengetahuannya tentang Mata Pelajaran Kearsipan tersebut, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga relatif rendah. Hal ini dikarenakan oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru Mata Pelajaran Kearsipan yang kurang bervariatif. Oleh karena itu diterapkannya Model Pembelajaran Explicit Instructionguna memperbaiki proses pembelajaran kelas X APK yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instructiondapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Persentase rata-rata nilai peserta didik yang diperoleh pada ranah kognitif setelah mengikuti post test siklus I adalah 76,9% dan meningkat pada siklus II sebesar 81%, sedangkan pada ranah afektif siklus I diperoleh 76,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,4% dan hasil psikomotorik peserta didik diperoleh 76,7% pada siklus I, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,3%. Penerapan model pembelajaran Explicit Instructionjuga berjalan baik pada kegiatan guru. Ketepatan guru dalam menerapkan model pembelajaran Explicit Instructionmemperoleh presentase 78,4% pada siklus I dan meningkat menjadi 94,5% di siklus II.

 

Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranExplicit Instructionberjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang pada Mata Pelajaran Kearsipan. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran ini sebaik mungkin agar peserta didik menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam proses pembelajaran sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan seperti yang diharapkan, bagi peserta didik hendaknya lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya dan berani bertanya ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran Explicit Instructionpada mata pelajaran yang lain.