SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Dan Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang

Sri Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan pendidikan nasional yang ditetapkan dalam UU No. 20 tahun 2003 Pasal 3 yaitu untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangungjawab.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi minat belajar, lingkungan belajar di sekolah, serta prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang. (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. (3) Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 95 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan proposional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. (2) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan.

 

Saran bagi siswa hasil penelitian ini dapat berguna dalam memberikan pengetahuan dan informasi kepada siswa bahwa sangat penting memiliki minat belajar yang tinggi dan lingkungan belajar yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar.Bagi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Malang untuk membuat aturan tentang kedisiplinan di lingkungan sekolah yang berupa larangan pemakaian handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mengembangkan fasilitas lingkunganbelajar di sekolah yang berupa penambahan LCD proyektor.Bagi Guru SMK Muhammadiyah 2 Malang memberikan dorongan kepada siswa untuk meningkatkan minat dan meraih prestasi yang lebih baik dari yang didapat sebelumnya.