SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone, Intensitas Menonton Televisi, dan Keterampilan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Bondowoso

Riki Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, Riki. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone, Intensitas Menonton Televisi, dan Keterampilan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Bondowoso. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mohammad Hari M. Si.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget Smartphone, Intensitas Menonton Televisi, Keterampilan Sosial, dan Prestasi Belajar.

Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku seseorang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor intern dan ekstern. Di antara kedua faktor tersebut terdapat variabel-variabel di dalamnya yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa, yaitu penggunaan gadget smartphone, intensitas menonton televisi, dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget smartphone (X1), intensitas menonton televisi (X2) dan keterampilan sosial (X3) terhadap prestasi belajar siswa (Y), baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Bondowoso.

Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Bondowoso yang berjumlah 144 siswa. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 siswa dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan software SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan gadget smartphone tidak memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa; (2) Ada pengaruh intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa; (3) Ada pengaruh positif keterampilan sosial terhadap prestasi belajar siswa; (4) Penggunaan gadget smartphone, intensitas menonton televisi, dan keterampilan sosial secara bersama-sama memengaruhi prestasi belajar siswa

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: (1) bagi sekolah sebaiknya membuat  kebijakan mengenai penggunaan gadget smartphone, intensitas menonton televisi, dan keterampilan sosial, dan sebaiknya guru menggunakan metode belajar yang tidak terlalu menggunakan gadget smartphone, serta wali kelas hendaknya memberikan arahan bagi wali murid untuk mengrontrol siswa dalam penggunaan gadget smartphone dan intensitas menonton televisi; (2)  bagi peneliti lain perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, misalnya kecerdasan intelektual (iq), kecerdasan emosional (eq), kecerdasan spiritual (sq), dan status sosial ekonomi orang tua.