SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Call Center 147 Bagian Complain PT. Infomedia Telkom Blimbing Malang

Annisa Budianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Call center 147 Bagian Complain Pada PT. Infomedia Telkom Blimbing Malang. Variabel dalam penelitian ini yaitu Motivasi (X1), Komitmen Organisasi (X2), dan Kinerja (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Call Center bagian Complain sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 132 responden. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menyebar kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari 3 yaitu (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji F, dan Uji-t. Hasil analisis dari penelitian ini adalah padaUji F diperoleh nilai Sig 0.030 dimana nilai Sig lebih kecil dari 0.05 (0.030 < 0.05) dan F hitung diketahui 3.610 dimana F tabel sebesar 3.06 dimana F hitung lebih besar dari F tabel (3.610 > 3.06) dan hasilnya Ha diterima. Pada Uji-t hasil variabel motivasi diperoleh nilai 0.049 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0.05 (0.049 < 0.05)dimana Ha diterima. Hasil dari variabel komitmen organisasi diperoleh nilai 0.028 dimana nilai tersebut < 0.05 maka Ha diterima. PadaUji-t variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan variabel komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa padaUji F variabel motivasi dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 5,3% sedangkan 94,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti lingkungan kerja, gaya kepemimpinan para pimpinan, penempatan kerja, atau budaya organisasi. Saran pada penelitian ini yaitu pada motivasi perlu dipertahankan atau sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan, dan pada komitmen organisasi sebaiknya karyawan yang kinerjanya benar-benar baik dan juga sangat loyal terhadap perusahaan sebaiknya diangkat sebagai karyawan tetap, karena jenjang karir sangat dibutuhkan oleh setiap karyawan.