SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-modul Berbasis Lectora dengan Model Guided Inquiry Pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanj

Handoko Hadi Santoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan (1) untuk menghasilkan bahan ajar otomatisasi perkantoran yang berupa E-modul Otomatisasi Perkantoran pada materi mengoperasikan microsoft power point untuk siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang telah melalui proses validasi sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar, (2) untuk mengetahui kelayakan E-modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-modul terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan E-modul dan tidak menggunakan E-modul.Model Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan, melalui tahap-tahap yaitu : (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Dari empat langkah model 4-D, peneliti hanya menggunakan 3 langkah yaitu sampai tahap pengembangan.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian berupa hasil validasi ahli E-modul, ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Pada hasil validasi ahli E-modul diperoleh hasil sebesar 90,42%, hasil validasi ahli materi sebesar 95,96%, sedangkan untuk uji coba kelompok kecil sebesar 87,18% yang menyatakan E-modul sangat valid. Hasil dari post test siswa menunjukkan perbedaan, yang menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 80,63%, sedangkan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,49%. Berdasarkan perbandingan nilai post test tersebut menunjukkan bahwa E-modul berbasis lectora dengan model guided inquiry yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.