SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PARTISIPASI SISWA DI BUSINESS CENTER, PERAN ORANG TUA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 POGALAN

Andani Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Tingkat persaingan kerja di Indonesia yang semakin ketat, memaksa seseorang untuk menambah lapangan pekerjaan baru. Salah satu yang mereka butuhkan adalah menjadi seorang warausaha, namun saat ini wirausaha di Indonesia sagatlah sedikit yaitu berjumlah 1,5 persen dari sekitar 252 penduduk Indonesia, dan masih membutuhkan sekitar 1,7 juta pengusaha untuk meningkatkan wirausaha menjadi dua persen. Untuk meningkatkan intensi berwirausaha dibutuhkan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu diantaranya partisipasi di Business Center, peran orang tua, dan efikasi diri.

Rumusan masalah dari penelitian ini untuk mengetahui (1) kondisi partisipasi siswa di Business Center, peran orang tua, efikasi diri, dan intensi berwirausaha siswa, (2) pengaruh partisipasi siswa di Business Center terhadap intensi berwirausaha siswa, (3) pengaruh peran orang tua terhadap intensi berwirausaha siswa, (4) pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa, (5) pengaruh partisipasi di Business Center, peran orang tua, dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa, dan (6) perbedaan intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Pogalan.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah partisipasi di Business Center (X1), peran orang tua (X2), dan efikasi diri (X3) dengan variabel terikat intensi berwirausaha (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan populasi berjumlah 145 siswa dari tahun pertama dan tahun kedua jurusan pemasaran, pengambilan sampel menggunakan propotionate random samplingyang dihitung dengan rumus slovin dan diperoleh jumlah sampel sebesar 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alternatif jawaban 5dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji perbedaan independent sampel t-test.

Kesimpulan dari penelitian ini(1) partisipasi siswa di Business Center berkategori tinggi serta berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua, (2) peran orang tua siswa berkategori sangat tinggi serta berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua, (3) efikasi diri siswa berkategori tinggi, akan tetapi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua, (4) intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Pogalan berkategori sangat tinggi, (5)partisipasi siswa di Business Center dan peran orang tua secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa tahun pertama dan tahun kedua jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Pogalan, (6) ada perbedaan intensi berwirausaha siswa tahun pertama dengan tahun kedua, (7) tidak ada perbedaan partisipasi siswa di Business Center tahun pertama dengan tahun kedua, (8) ada perbedaan peran orang tua tahun pertama dengan tahun kedua, (9) tidak ada perbedaan efikasi diri tahun pertama dengan tahun kedua jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Pogalan.

 

Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi pihak sekolah disarankan memberikan inspirasi dan motivasi yang lebih kepada siswa untuk meningkatkan efikasi dirinya dalam hal berwirausaha dengan cara lebih meningkatkan partisipasi siswa di Business Center,(2)bagi orang tua siswadisarankanterus meningkatkan perannya dalam mengasuh dan mengajarkan hal-hal yang ingin dipelajari anaknya, serta terus memberikan dukungan untuk meningkatkan keyakinan diri anaknya dalam menyelesaikan tugas tertentu,(3)bagi siswa SMK Negeri 1 Pogalan disarankanmeningkatkan efikasi dirinya dalam bidang kewirausahaan dengan lebih belajar tentang kewirausahaan dan mengerjakan tugas-tugas yang sulit sesuai kemampuan yang dimilikinya sendiri bukan dengan bantuan orang lain,(4) bagi peneliti selanjutnya disarankanagar penelitian ini bisa dilanjutkan pada populasi yang lebih luas dan variabel efikasi diri untuk dijadikan variabel moderasi  dalam penelitian selanjutnya yang serupa.