SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan PDAM Kota Malang

Siti Zahrotul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Karena dengan kinerja yang tinggi, diharapkan tujuan perusahaan dapat dengan mudah tercapai. Dengan kepuasan kerja karyawan yang baik dan kepuasan karyawan terhadap penilaian kinerja akan membuat kinerja karyawan meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Deskripsi penilaian kinerja, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan PDAM Kota Malang, (2)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang, (3)Pengaruh positif signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang, (4)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang, (5)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel bebas penilaian kinerja (X), variabel terikat kinerja karyawan (Y), dan variabel antara kepuasan kerja karyawan (Z). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari 159 orang responden karyawan PDAM Kota Malang yang diperoleh melalui teknik sampel proportioned stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path) dengan menggunakan program SPSS 22.0 for Windows.

Hasil penelitian ini adalah:(1)Penilaian kinerja berbasis KPI yang dilakukan perusahaan sudah baik, akan tetapi umpan balik yang diberikan perusahaan dirasa masih kurang. Kepuasan kerja karyawan terbesar adalah kepuasan terhadap rekan kerja, sedangkan masih banyak karyawan yang merasa kurang puas terhadap supervisi pimpinan. Karyawan PDAM Kota Malang memiliki kinerja sangat baik yang dibuktikan dengan capaian KPI >90. (2)Penilaian kinerja berpengaruh  positif signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang.(3)Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang,(4)Penilaian kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang.(5)Penilaian kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang.

 

Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan adalah (1)Perusahaan harus mempersiapkan karyawan dalam jumlah banyak untuk menggantikan posisi karyawan yang berusia >40 tahun ketika beberapa tahun kedepan mereka pensiun  (2)Mempertahankan dan memperbaiki lagi kegiatan penilaian kinerja berbasis KPI, dengan cara memberikan kecukupan dalam umpan balik kepada karyawan. (3)Memberikan umpan balik terhadap prestasi kerja karyawan daripada mengkritik kinerja buruk karyawan. (4)Pimpinan perusahaan atau pimpinan masing-masing bagian dapat memahami dan lebih memberikan pujian terhadap prestasi kerja karyawan. (5)Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dalam penyebab tingginya kinerja karyawan yang menggunakan penilaian kinerja berbasis KPI. (6)Selain itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel lain yang bisa mempengaruhi kinerja karyawan, seperti kompensasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja.