SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA (STUDI PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 PASURUAN)

Darma Widyantono Yuda

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuda, Darma W. 2017. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si.

 

Kata Kunci:Pengalaman Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar dan Kesiapan Kerja.

Masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia dikarenakan kurangnya kesiapan kerja masyarakat itu sendiri. Melalui pembekalan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan masyarakat dapat memiliki keahlian dan keterampilan sehingga siap dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruantahun ajaran 2016/2017, (2) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 63 siswa, untuk sampel sebanyak 55 siswa menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Uji validitas menggunakan teknik Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data: analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari: uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS v 16.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kesiapan kerja siswa termasuk kategori sangat tinggi,pengalaman praktik kerja industri siswa termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan prestasi belajar siswa termasuk kategori baik, (2) Pengalaman praktik kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan Thitung 3,740 dan Sig0,000, (3) Prestasi belajar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan Thitung -1,326 dan Sig0,191, (4) Pengalaman praktik kerja industri dan prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan Fhitung 10,355 dan Sig0,000.Berdasarkan kesimpulan, maka saran yang diberikan yaitu: (1) Bagi Sekolah, disarankan dapat bermitra dengan dunia usaha dan industri yang berskala multinasional untuk prakerin, (2) Bagi Guru, disarankan dapat menjadi fasilitator dan motivator bagi siswa, (3) Bagi Siswa, disarankan dapat lebih memanfaatkan pengalaman prakerin, (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, disarankan untuk mencoba meneliti didaerah lain dengan vaiabel lain yang disesuaikan dengan fenomena yang diteliti.