SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS

marreta . sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran Talking Stick, (2) Motivasi siswa sesudah pelaksanaan pembelajaran Talking Stick, (3) Hasil belajar siswa, (4) Kesesuaian model Talking Stick dengan siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah 36siswa kelas XI Pemasaran SMKN 2 Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data penelitian diambil dari:(1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) kuesioner, (5) dokumentasi, dan (6) catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa aspek kognitif padasiklus I terjadi peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase keberhasilan siswa yaitu 55,06% (pretest) menjadi 79,27% (posttest), sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa yaitu 54,28% (pretest) menjadi 88,35% (posttest). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I mengalami peningkatan dapat dilihat dari persentase rata-rata keberhasilan siswa diperoleh sebesar 63,04% menjadi 82,28%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar ranah afektif sebesar 73,90% menjadi 90,85%. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dapat dilihat dari persentase rata-rata keberhasilan siswa diperoleh sebesar 78,4%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil analisis angket motivasi belajar siswa sebesar 88,6%.