SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Jombang).

Moch. Azis Efendi, Moch. Azis Efendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Bahan ajar yang mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa belum dikembangkan sebelumnya. Pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan model discovery learning diharapkan dapat membuat siswa tertarik belajar secara mandiri, sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya dan dapat membangun sikap aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menghasilkan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan sesuai dengan model discovery learning pada kompetensi dasar mendeskripsikan pertemuan/rapat dan menjelaskan teknik penyelenggaraan rapat pada siswa SMK kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran, 2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dihasilkan melalui hasil validasi, 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning

Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model 4-D oleh Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (dalam Trianto, 2012:93) melaui empat langkah penelitian, yaitu mendefinisikan (Define), merancang (Design), mengembangkan (Develop), dan menyebarluaskan (Disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran, 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan SMKN 1 Jombang sebagai validator ahli materi, dan enam siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jombang sebagai validator user.

 

Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning. Dengan kompetensi dasar 1) mendeskripsikan pertemuan/rapat, dan 2) menjelaskan teknik penyelenggaraan rapat. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi 4 aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek sajian, dan (4) aspek kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori valid dengan hasil presentase rata-rata uji validasi 88%. Sedangkan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 81,09 dengan 69,46, modul ini termasuk kategori modul yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pengembangan lebih lanjut adalah menambahkan kompetensi dasar pada modul dan soal-soal yang mengacu pada ranah psikomotorik.