SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dimarsyah, J.2017.Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Sneakers Converse All Star (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014/2015).

Jelinda Dimarsyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan ekonomi saat ini semakin mengarah pada persaingan ketat khususnya untuk perusahaan sejenis. Oleh karena itu, keadaan ini akan mengakibatkan perusahaan setiap kali harus selalu mengikuti perubahan atau trend. Salah satu produk yang selalu mengikuti selera konsumen adalah sepatu. Banyaknya perusahaan yang menciptakan produk sepatu dengan beragam kualitas yang diberikan dan harga yang bersaing tentunya akan menjadi ciri khas untuk perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana deskripsi kualitas produk, harga dan keputusan pembelian pada produk sepatu Sneakers Converse All Star;(2) pengaruh kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk sepatuSneakers Converse All Star.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1) dan harga (X2), sedangkan untuk variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014/2015 yang pernah membeli dan menggunakan produk sepatu Sneakers Converse All Staryaitu sebanyak 144 responden yang tergolong dalam populasi yang terhingga (Finite Population). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Random Sampling, sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu diperoleh sampel sebanyak  106 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan membagikan kuesioner. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan  analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk pada sepatu Sneakers Converse All Star dikatakan baik; (2) Harga pada produk sepatu Sneakers Converse All Star dikatakan tepat; (3) Keputusan pembelian pada produk sepatu Sneakers Converse All Star dikatakantelah mempertimbangkan dengan baik dalam melakukan keputusan pembelian. Hasil uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas menunjukkan bahwa: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas yang dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu melebihi 0,05; (2) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinieritas yang dapat dilihat melalui nilai VIF yaitu lebih kecil dari 10,00; (3) Model regresi tidak terjadi masalah heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik Scatterplot yang tidak membentuk pola dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk sepatu Sneakers Converse All Star secara parsial dan simultan.

Penulis menyarankan agar perusahaan tetap mempertahankan kualitas produknya dan diikuti dengan pengembangan kualitas produk seperti pemilihan bahan baku yang lebih baik lagi sehingga kualitas produk pada sepatu Sneakers Converse All Star tetap mendapatkan nilai positif dimasa yang akan datang. Selain itu perusahaan juga dapat memberikan desain produk yang lebih menarik. Perusahaan juga perlu menjaga tingkat harga yang dapat dijangkau oleh daya beli pelanggan. Terkait dengan harga produk sepatu Sneakers Converse All Star yang harganya tidak murah, maka peneliti memberikan saran agar pihak perusahaan dapat memberikan potongan harga/diskon kepada pelanggan pada akhir pekan. Maka hal ini akan membuat ketertarikan pelanggan untuk membelinya. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini, sebaiknya perlu memperluas variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seperti citra merek dan strategi promosi sehingga dapat menjadikan temuan baru yang berkontribusi pada ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran.