SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian padaDistro Three Second (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2013)

Ryan Aditya Christy

Abstrak


ABSTRAK

 

Penampilan pada saat ini sudah menjadi hal umum demi menunjang aktivitas sehari-hari. Semakin tingginya minat masyarakat akan produk fashion. Hal ini memicu persaingan dalam dunia bisnis yaitu bisnis di bidang fashion, dimana perusahaan saling berlomba untuk memenangkan persaingan dan menguasai pasar. Untuk memenangkan pasar perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif, salah satunya ialah dengan memperhatikan bagaimana memaksimalkan mix marketing (bauran pemasaran) perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana deskripsi bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi) dan keputusan pembelian pada Distro Three Second;(2) pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Distro Three Second.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) sedangkan untuk variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2013 yang pernah membeli dan menggunakan produk Distro Three Secondyaitu sebanyak 128 responden yang tergolong dalam populasi yang terhingga (Finite Population). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Random Sampling, sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu diperoleh sampel sebanyak  98 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Produk pada Distro Three Second dikatakan baik; (2) Harga pada produk Distro Three Seconddikatakan tepat; (3) Lokasi pada Distro Three Seconddikatakan tepat; (4) Promosi pada Distro Three Seconddikatakan tepat; (5)Keputusan pembelian pada Distro Three Seconddikatakan telah mempertimbangkan dengan baik dalam melakukan keputusan pembelian.Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Distro Three Second secara parsial dan simultan.

 

Penulis menyarankan agarDistro Three Secondmengembangkan produknya yaitu dengan memberikan desain pada barang dagangnya yang lebih variatif. Harga pada produk Distro Three Second juga perlu memberikan harga sesuai dengan daya beli khususnya untuk kalangan mahasiswa. Selain itu lokasi pada Distro Three Second juga perlu memperbanyak outlet tidak hanya di sekitaran kota dan di dalam mall, tetapi juga di tempat-tempat strategis lainnya. Kemudian Distro Three Second perlumemaksimalkan kegiatan promosinya tidak hanya menggunakan promosi dalam media sosial seperti facebook, instagram dan twitter tetapi juga dengan memperbanyak promosi di radio–radio lokal, membuat spanduk yang lebih menarik dan menyebarkan brosur. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini, sebaiknya perlu memperluas variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seperti citra merek dan atmosfer toko sehingga dapat menjadikan temuan baru yang berkontribusi pada ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran.