SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Retur Saham Melalui Dividend Policy (Studi Pada Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2013-2015)

Lisa Rahayu Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Lisa Rahayu. 2017. Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Return Saham Melalui Dividend Policy (Studi  pada perusahaan yang Listing Di BEI Tahun 2013-2015). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembinbing: Yuli Soesetio, S.E., M.M,

 

Kata Kunci: free cash flow, dividend policy,return saham

Free cash flow merupakan arus kas yang diperoleh dari operasi perusahaan setelah mendanai kegiatan investasi dan modal kerja untuk operasi. Perilaku keuangan manajer atas free cash flow  dapat dikontrol melalui bonding berupadividend policy. Pembayaran cash dividen ditangkap sebagai signal positif perusahaan oleh Investor mengenai prospek perusahaan di masa depan. Secara tidak langsung mempengaharuhi keputusan membeli atau menjual saham saat manajer keuangan membagikan cash dividen dari free cash flow.  Dalam penelitian ini menggunakan dua return saham yaitu: return  saham publikasi dan RUPS sebagai dependen variabel atas free cash flow dan dividen policy pada perusahaan yang listing di BEI periode 2013-2015. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dividend policy berpengaruh positif signifikan terhadap return  saham setelah pengumuman hasil RUPS.

 

Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak diantaranya: (1) bagi Perusahaan sebaiknya mencantumkan informasi free cash flowpada ikhtisar laporan keuangan agar dapat dijadikan pertimbangan oleh investor, (2) bagi Investor diharapkan menambah wawasan variabel selain dividend policy yang berpengaruh signifikan terhadap return saham, (3) bagi Peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel diantaranya: discretionary component of outlays dan capital expenditure pada perhitungan free cash flow,set keputusan investasi dan umur perusahaan memoderasi return saham, Debt to equity ratio  sebagai variabel mediasi, siklus hidup perusahaan dan set keputusan investasi sebagai variabel eksogen terhadap dividend policy.