SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi (Studi Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang).

Achmad Faishal Rifqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rifqi, Achmad Faishal. 2017. Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi (Studi Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :Drs. Mohammad Hari, M.Si

 

Kata Kunci :Analisis, Kesulitan Belajar, Pengantar Akuntansi

Dalam kegiatan belajar disekolah terdapat berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan belajar itu bersumber dari dirinya sendiri, pelajaran yang diterima, guru, teman-teman, keluarga dan lain sebagainya.Tujuan penelitian di SMK PGRI 6 Malang adalah (1) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor internal, dan (2) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor eksternal.

Sampel penelitian ini adalah 59 siswa yang diambil dari populasi kelas X Administrasi Perkantoran dan X kelas Pemasaran, Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert dan dokumentasi .Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi jika ditinjau dari faktor internal yang meliputi faktor fisiologis sebesar 34,73% dan faktor psikologis sebesar 65,27%. Jika ditinjau dari faktor eksternal yang meliputi faktor keluarga sebesar 30,81%, faktor sekolah sebesar 30,81% dan faktor lingkungan masyarakat 38,38% .

Kesimpulan jika ditinjau dari faktor internal yang paling menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah faktor psikologis sedangkan jika ditinjau dari faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah faktor lingkungan masyarakat. saran untuk siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar, perbanyak bertanya kepada guru ketika pelajaran berlangsung. Atau bisa tanya kepada teman yang ahli di bidang Akuntansi dan orang tua atau siswa yang bersangkutan harus membatasi waktu bermain dengan lingkungan tetangga dan jam belajarnya agar siswa dapat terkondisi tidak mengalami kesulitan belajar.

ABSTRAK

 

Rifqi, Achmad Faishal. 2017. Analysis Causes Learning Difficulties Students of Office Administration and Marketing in Introductory Accounting (Study In Class X Students in SMK PGRI 6 Malang). Essay. Major Management, Faculty of Economics, State University of Malang, Mentor : Drs. Mohammad Hari, M.Si

 

Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Introduction to Accounting

In school activities there are various learning difficulties experienced by students. Learning difficulties are sourced from themselves, lessons received, teachers, friends, family and so forth. The purpose of research in SMK PGRI 6 Malang is (1) what causes student learning difficulties Office Administration and Marketing in SMK PGRI 6 Malang viewed from internal factors (2) What causes student learning difficulties Office Administration and Marketing in SMK PGRI 6 Malang viewed from external factors

The sample of this research is 59 students taken from population class X Office Administration and X class Marketing, Sampling technique using saturated samples. The techniques in collecting data using a questionnaire and documentation with Likert scale techniques. Data analysis techniques in this study using quantitative descriptive statistics

 The results showed that the factors that cause students have difficulty learning on the subjects Introduction to Accounting If reviewed from internal factors that include physiological factors of 34.73% and psychological factors of 65.27%. When viewed from external factors that include family factor of 30.81%, school factor of 30.81% and community environmental factors 38.38%.

 

Conclusion if viewed from the internal factors that cause the most students' learning difficulties is a psychological factor. Whereas if viewed from external factors that cause student learning difficulties is the environmental factor of society. Suggestions for students to not experience learning difficulties, multiply ask the teacher when the lesson takes place Or can Ask to friends who are experts in the field of Accounting And Parents or students concerned should limit playing time with neighboring environment and hours of study so that students can be conditioned not experience learning difficulties.