SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Berbasis Android pada Mata pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

Devi Artha Bonita

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk perantara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat menunjang proses pembelajaran. Fungsi penggunaan media pembelajaran adalah dapat menarik minat peserta didik dan dapat memberikan pengalaman yang lebih nyata terhadap peserta didik. Untuk membantuk proses pembelajaran peserta didik di kelas, peneliti mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android pada mata pelajaran Korespondensi sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran Korespondensi dengan aplikasi Adobe Flash berbasis Android untuk peserta didik SMK/MAK kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android pada mata pelajaran Korespondensi melalui uji validasi, (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Adobe Flash berbasis Android dengan yang tidak menggunakan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D) yang kemukakan oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian yang telah dimodifikasi meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba skala kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba skala besar, (9) produk akhir. Validasi ahli media dilakukan oleh dosen TEP Universitas Negeri Malang. Validasi ahli materi dilakukan oleh guru mata pelajaran koresponensi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dan enam peserta didik kelas X APK SMK 6 PGRI Malang sebagai uji coba kelompok terbatas.

Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android yang telah tersedia di Google Play. Kompetensi dasar yang dikembangkan pada media ini adalah Menjelaskan Cara Membuat Surat Dinas. Jenis data yang terdapat pada penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara serta kritik dan saran dari para ahli dan peserta didik terhadap media yang telah dikembangkan. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor lembar validasi oleh ahli materi, ahli media, dan peserta didik, serta hasil skor post-test  pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.

 

Hasil analisis validasi media oleh ahli materi adalah 80% yang menunjukkan bahwa media valid, ahli media sebesar 95% yang menunjukkan bahwa media sangat valid, dan validasi oleh peserta didik pada kelompok kecil sebesar 91% yang menunjukkan bahwa media sangat valid. Sedangkan angket yang disebar pada kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 84% yang menunjukkan bahwa media valid dan layak digunakan. Berdasarkan rata-rata hasil post-test hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 84 dan 81,5, dan ketuntasan kelas sebesar 100% pada kelas eksperimen dan 93,75% pada kelas kontrol, sehingga media ini efektif digunakan. Oleh karena itu pendidik mata pelajaran korespondensi disarankan menggunakan media ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran.