SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK (STUDI PADA GURU PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 KEDIRI)

moh. rizal fahmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahmi, Moh. Rizal. 2017. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik (Studi Pada Guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi, Progam Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik.

 Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran yang terdiri dari pemahaman peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Salah satu tuntutan dalam kompetensi pedagogik yang harus dilakukan oleh guru adalah menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Salah satu indikator dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yaitu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan dan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Oleh karena itu, guru dalam aktivitas pembelajaran diharapkan bisa melaksanakan pembelajaran yang mendidik, dan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar dengan optimal.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru progam keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan mengusai indikator melaksanakan pembelajaran yang mendidik dikelas, laboratorium, dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan, (2) kompetensi pedagogik guru progam keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan mengusai indikator  menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, informan utama dalam penelitian ini terdiri dari enam guru progam keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah observasi awal, pelaksanaan penelitian, analisis data, penarikan kesimpulan data dan pelaporan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas dan di laboratorium sudah optimal, guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang membantu proses belajar peserta didik, guru juga mengkomunikasikan informasi baru, guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik, guru mengkaitkan kegiatan pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari, kemudian guru mengelola waktu pembelajaran dengan baik, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan berinteraksi dengan peserta didik lain. Akan tetapi, tidak semua guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan praktik. (2) Kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media dan sumber belajar perlu ditingkatkan, terbukti guru masih belum sepenuhnya optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang relevan, sebagian guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis dan lcd projector, tidak ada media pembelajaran lain dalam menunjang peserta didik untuk melaksanakan kegiatan praktik. Untuk sumber belajar beberapa guru yang menjadi subjek penelitian cenderung hanya menggunakan sumber belajar berupa modul.

 

Kesimpulan kompetensi pedagogik guru program keahlian administrasi perakantoran SMK Negeri 2 Kediri dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas dan di laboratorium sudah optimal, akan tetapi perlu ditingkatkan dalam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan praktik. Kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media dan sumber belajar perlu ditingkatkan. Saran penelitian yaitu kepada kepala sekolah agar dapat mendorong serta membantu dalam meningkatkan kompetensi guru, kemudian bagi guru harus lebih meningkatkan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik serta menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar dengan lebih optimal dan relevan.