SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK AIRUM (AIR MINUM UM) (Studi pada Properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang)

Nahdia Asy Syahid

Abstrak


ABSTRAK

 

Asy Syahid, Nahdia. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Pemasaran pada Produk Air Minum UM “AIRUM” (Studi pada Properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang). Skripsi. Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suwarni, M.Si.

 

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Air Minum UM (AIRUM)

Persaingan, perubahan dan kompleksitas bisnisdi Indonesia yang semakin ketat sangat berpengaruh pada peningkatan bisnis setiap perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya pesaing, peluang bisnis yang potensial, maupun pesatnya perkembangan teknologi. Keadaan ini mendorong perusahaan meningkatkan daya saing untuk tetap mempertahankan eksistensi di dunia bisnis. Faktor internal perusahaan meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan faktor eksternal perusahaan meliputi peluang dan ancaman. Analisis SWOT merupakan evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan,peluang, dan ancaman, dengan analisis SWOT sebuah perusahaan akan mampu menentukan strategi pemasaran yang tepat agar tetap bertahan dalam persaingan yang kompetitif.

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman pada produk AIRUM, mengetahui posisi produk AIRUM berdasarkan analisis SWOT, serta menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada produk AIRUM berdasarkan Analisis SWOT.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan tehnik triangulasi dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan menggunakan 3 cara yakni triangulasi tehnik, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber.

Berdasarkan analisis SWOT, faktor yang menjadi kekuatan pada produk AIRUM (Air Minum UM) adalah: lokasi yang strategis, Universitas Negeri Malang memiliki brand air minum sendiri, bekerjasama untuk menyediakan Airum disetiap acara besar UM, digunakan sebagai air minum sehari-hari para pejabat UM. Kelemahan produk AIRUM adalah: Airum merupakan produk baru di pasaran UM, Airum masih belum banyak dikanal masyarakat UM, pemasarannya masih terbatas, belum dapat memproduksi sendiri. Peluang produk AIRUM adalah: pangsa pasar jelas, kegiatan-kegiatan rutin di Universitas Negeri Malang, dapat bekerjasama tentang kebijakan menggunakan Airum, nama brand UM sebagai kampus pendidikan. Ancaman produk AIRUM adalah: pesaing dari produk lain, pemutusan kerjasama, pemesanan yang terlalu banyak, kuantitas produksi belum siap. Posisi produk AIRUM berada pada kuadran 1 dengan faktor internal Airum memiliki total skor 2,83 dan faktor eksternal memiliki total skor 2,60. Adapun strategi yang dapat diterapkan yakni meningkatkan pemasaran secara maksimal dengan memanfaatkan lokasi yang strategis dan pangsa pasar jelas, Semakin banyaknya konsumen melakukan permintaan,kuantitas produk harus semakin ditingkatkan.

 

Saran yang dapat diberikan kepada pihak Properti Pusat Bisnis selaku  pengelola produk AIRUM  adalah dapat menjalin hubungan baik dengan pihak kerjasama agar tidak salah komunikasi dalam penyampaian permintaan akan produk Airum, sehingga dapat terus bekerjasama dan  meningkatkan loyalitas konsumen dengan perbaikan kualitas produk serta kuantitas produk yang dikirim ke Perusahaan. Sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya yakni dapat menganalisis hal-hal yang menarik yang sedang terjadi di Properti Pusat Bisnis, misal dengan tema stategi pemasaran menggunakan metode marketing mix.