SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Iklan TV dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Provider Kartu Seluler Simpati (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang AngkatanTahun 2014)

Sandy Geptarana

Abstrak


ABSTRAK

 

Era globalisasi saat ini, perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, menyebabkan tiap perusahaan dituntut harus dapat menyesuaikan dengan keadaan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) diskripsiiklan TV, promosi penjualan dan keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. (2) pengaruh iklan TV secara parsial terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. (3) pengaruh promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. (4) pengaruh iklan TV dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2014 pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2016. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara.

Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan pada masing-masing variabel iklan TV dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang, (2) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel iklan TV dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang, (3) variabel bebas yang dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian provider kartu seluler Simpati di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang adalah variabel iklan TV.

 

Penulis juga menyarankan bagi Simpati agar tetap senantiasa menginovasi iklan tv dan promosi penjualan yang sekarang sudah ada dan jangan sampai media informasi tersebut tidak sesuai dengan apa yang sudah disampaiakan dan diharapkan oleh masyarakat. Karena menciptakan penyampaian informasi yang baik di mata konsumen tidaklah hal yang mudah. Maka dari itu iklan tv dan promosi penjualan yang baik akan menentukan baik atau tidaknya produk tersebut. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan jumlah variabel sehingga dapat menjadikan beberapa temuan baru yang berkontribusi pada ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran