SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Agustin, Rachma Sri. 2016. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Raisa terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Sunsilk (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2015-2016). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas E

Rachma Sri Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pesatnya perkembangan dunia bisnis dan perdagangan mengharuskan produsen dengan tepat mengkomunikasikan produknya. Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran paling efektif karena mampu menjangkau publik secara luas. Penggunaan celebrity endorser dalam iklan lazim digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan proses keputusan pembelian. Meskipun penggunaan celebrity endorser dianggap efektif dalam meningkatkan penjualan suatu produk, tetapi perlu dievaluasi kelayakannya. Salah satunya dengan menggunakan model VisCAP (visibility, credibility, attraction, power) untuk mengetahui efektivitas penggunaan celebrity endorser.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) deskripsi kondisi VisCAP Raisa saat menjadi celebrity endorser Sunsilk serta proses keputusan pembelian pada grup eksperimen & kontrol (2) pengaruh parsial VisCAP Raisa terhadap proses keputusan pembelian produk Sunsilk (3) pengaruh simultan celebrity endorser Raisa terhadap proses keputusan pembelian produk Sunsilk (4) sub variabel celebrity endorser yang dominan mempengaruhi proses keputusan pembelian.

 Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah true experimental laboratory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015-2016 sebanyak 1.124 orang. Penarikan sampel terlebih dahulu melalui random selection dan randomisasi, maka terpilih 100 responden masing-masing 50 responden grup eksperimen dan 50 responden grup kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan uji-t untuk eksperimen. Perlakuan/treatment yang digunakan pada penelitian ini adalah penayangan iklan Sunsilk versi Raisa pada grup eksperimen dan penayangan iklan Sunsilk versi bintang iklan bukan publik figur.

Hasil penelitian menunjukkan (1) VisCAP Raisa direspon lebih baik pada grup eksperimen daripada grup kontrol yang hanya menggunakan bintang iklan biasa terhadap proses keputusan pembelian Sunsilk (2) VisCAP Raisa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk Sunsilk (3) celebrity endorser Raisa  secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk Sunsilk yang berarti Raisa dianggap layak sebagai celebrity endorser produk Sunsilk (4) sub variabel attraction pada celebrity endorser adalah yang dominan mempengaruhi proses keputusan pembelian produk Sunsilk.

 

Saran yang dapat diberikan pada penelitian selanjutnya adalah (1) memperluas indikator yang digunakan untuk mengevaluasi celebrity endorser seperti model FRED dan TEARS sehingga memperkaya wawasan khususnya penggunaan celebrity endorser pada iklan (2) menjelaskan lebih keterkaitan antara celebrity endorser terhadap proses keputusan pembelian dengan low x high involvement serta PMD, PMT dan pembelian jajaran tengah (3) menggunakan metode penelitian lain, misalnya SEM dan analisis faktor agar keragaman hasil dan teori celebrity endorser dapat diterapkan di berbagai metode penelitian.