SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang

Eko Triatmojo Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan merupakan elemen penting bagi pertumbuhan suatu bangsa, dalam penelitian ini lembaga sekolah merupakan elemen pendukung yang penting sebagai penghasil generasi muda berkualitas. Tujuan sekolah ditunjuk sebagai fokus penelitian karena sekolah merupakan penghasil awal sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal ini yaitu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan tingkat motivasi belajar siswa. SMK PGRI 6 Malang dipilih karena tingkat ketercapaian pembelajaran masih belum memenuhi target yaitu dibawah 75%.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang berjumlah 27 siswa. Hasil data dalam penelitian ini berupa motivasi belajar dan hasil belajar kognitif dan afektif serta data pendukung berupa dokumentasi. Data motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket dengan 6 indikator yaitu Adanya hasrat dan keinginan berhasil, Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, Adanya harapan dan cita-cita masa depan, Adanya penghargaan dalam belajar, Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, Adanya lingkunga belajar yang kondusif. Data hasil belajar siswa diukur menggunakan post-test saat akhir siklus dan lembar pengamatan afektif siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Instrumen penelitian ini yaitu lembar post-test, lembar pengamatan afektif, angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang. Motivasi belajar siswa sebesar 81% pada siklus I meningkat menjadi 83% di siklus II. Hasil belajar kognitif siswa sebesar 79,6 pada siklus I meningkat menjadi 83 pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa berada pada 65% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II.

 

Kesimpulan dalam penelitian yaitu Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang. Saran penelitian yaitu guru lebih berinovasi dalam memberikan materi dan metode pembelajaran terutama yang berfokus kepada siswa, pemberian motivasi terhadap siswa lebih ditingkatkan, dan siswa diharapkan lebih berperan aktif dan berani menyampaikan pendapat dalam kegiatan pembelajaran.