SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Bauran Promosi (Promotion Mix) untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Sepatu Sportive Malang

Nurul Shiela Intan

Abstrak


Persaingan bisnis saat ini mendorong perusahaan untuk menggunakan strategi yang  dapat mempertahankan maupun meningkatkan eksistensi perusahaan untuk bertahan dalam persaingan. Penggunaan strategi yang tepat pada perusahaan dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah menerapkan strategi pemasaran dalam perusahaan dengan efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menerapkan bauran promosi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah toko sepatu Sportive Malang melakukan implementasi bauran promosi, dan bagaimana dampaknya terhadap peningkatan volume penjualan setiap bulan, dengan menganalisis implementasi dari bauran promosi yang dilakukan toko sepatu Sportive Malang yaitu yaitu penjualan langsung (personal selling),promosi penjualan (sales promotion),periklanan (advertising),hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing). Keinginan perusahaan guna meningkatkan eksistensi dan volume penjualan toko sepatu Sportive Malang dengan implementasi bauran promosi untuk meningkatkan volume penjualan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bauran promosi seperti anggaran, siklus hidup produk, produk dan jenis keputusan pembelian, karakteristik target pasar dan kesiapan konsumen untuk membeli, cara apa yang konsumen ingin dicapai, peraturan, pesaing dan faktor lingkungan dan yang terakhir adalah ketersediaan media.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya upaya promosi sebagai alat untuk menginformasikan, mengedukasi dan mendorong konsumen untuk membeli dapat mempengaruhi pembelian saat itu juga maupun hubungan jangka panjang dan menimbulkan kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Implementasi bauran promosi dapat memperkenalkan produk dan menstimulasi pembelian sehingga implementasi bauran promosi dapat meningkatkan volume penjualan pada toko sepatu Sportive Malang.

Toko sepatu Sportive Malang telah melakukan beberapa bauran promosi, namun ada beberapa permasalahan dalam implementasi bauran promosi pada toko sepatu Sportive Malang dirasa kurang maksimal dalam melakukan beberapa bauran promosi.Pihak owner (manajemen) disarankan untuk mensinergikan bauran promosi yang dilakukan dengan analisa volume penjualan yang cenderung naik turun yang diakibatkan oleh beberapa faktor.