SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik)

Winda Nur Rohmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Model pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan atau suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.Dari hasil observasi di SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM 75. Hal ini disebabkan karena, guru masih menggunakan model konvensional seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab satu arah. Pembelajaran juga masih terpusat pada guru sehingga membuat siswa pasif selama pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menurun. Dengan adanya masalah tersebut, peneliti tertarik untuk  menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam mata pelajaran Strategi Pemasaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam ranah kognitif dan afektif.

Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan terdapat empat tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada mata pelajaran Strategi Pemasaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaningmengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan penelitian. Hasil belajar ranah kognitif sebelum tindakan mendapat rata-rata hasil belajar sebesar 74,5 dengan persentase keberhasilan 65%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa sesudah tindakan  pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76 dengan persentase keberhasilan 67,50%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81 dengan persentase keberhasilan 77,50%. Adapun persentase keseluruhan hasil belajar ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I didapatkan persentase secara keseluruhan sebesar76,26%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,04% sehingga menjadi 85,30%.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitatir and Explaning (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X Jurusan Pemasaran SMK YPI Darussalam 2 Cerme Kabupaten Gresik, baik hasil belajar ranah kognitif maupun hasil belajar ranah afektif siswa.