SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH IKLIM KELAS, MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Produktif Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang)

Jamilah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamilah. 2017. Pengaruh Iklim Kelas, Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Produktif Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.Si.

 

Kata kunci: iklim kelas, minat belajar, disiplin belajar, motivasi belajar, hasil

belajar

Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa, antara lain iklim kelas, minat belajar, disiplin belajar, dan motivasi belajar.  Tujuan penelitian: (1) Deskripsi iklim kelas, minat belajar, disiplin belajar, dan motivasi belajar; (2) Deskripsi hasil belajar peserta didik; (3) Pengaruh iklim kelas, minat belajar, disiplin belajar, motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik; (4) Pengaruh dominan iklim kelas, minat belajar, disiplin belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu iklim kelas (X1), minat belajar (X2), disiplin belajar (X3), motivasi belajar (X4), dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan jumlah 175 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sebesar 120 peserta didik. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat tinggi (>91), tinggi (81-90), cukup tinggi (70-80), rendah (60-69), dan sangat rendah (59- 0,10; (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim kelas terhadap hasil belajar peserta didik; (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik; (4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square sebesar -0,021, karena bernilai negatif maka nilai tersebut dianggap 0, atau dapat dikatakan variabel bebas sama sekali tidak dapat menjelaskan varians dari variabel terikat. Variabel yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar.

 

Peneliti menyarankan: (1) Bagi sekolah sebaiknya lebih membangun dan mempertahankan kebiasaan disiplin peserta didik di lingkungan sekolah; (2) Bagi guru sebaiknya memiliki kedekatan yang baik dengan peserta didik agar dapat menciptakan iklim kelas yang baik, menambah variasi terkait model pembelajaran, dan memotivasi peserta didik agar belajar dengan baik; (3) Bagi peserta didik sebaiknya meningkatkan kegemaran membaca buku produktif, mengulang materi produktif, dan membiasakan belajar dengan rutin; (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini, sebaiknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, seperti faktor kesehatan, cacat tubuh, inteligensi, perhatian, bakat, kematangan, kesiapan, faktor kelelahan, cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, latar belakang kebudayaan, kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat.