SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Discount Price dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Hedonic Shopping (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Cab. Malang Town Square)

Agus Julastio

Abstrak


ABSTRAK

 

Julastio, Agus. 2017. Pengaruh Discount Price dan Bonus Pack terhadap Impulse

Buying melalui Hedonic shopping (Studi Pada Pengunjung Matahari

Department Store Cab. Malang Town Square). Skripsi, Jurusan

Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: Impulse Buying, Discount Price, Bonus Pack, Hedonic Shopping

Discount price dan bonus pack merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk menarik minat pembeli. Pemberian discount price dan bonus pack akan mampu meningkatkan nilai hedonic shopping pada konsumen yang kemudian akan mendorong mereka untuk melakukan impulse buying. Pada dasarnya impulse buying merupakan keputusan pembelian, hanya saja impulse buying terjadi secara spontan atau mendadak. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat terpenuhi apabila perusahaan mampu menciptakan pelanggan dan meningkatkan penjualannya. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan adalah untuk menarik minat pembeli agar melakukan keputusan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi discount price, bonus pack, hedonic shopping, dan impulse buying (2) pengaruh discount price secara langsung terhadap impulse buying (3) pengaruh bonus pack secara langsung terhadap impulse buying (4) pengaruh hedonic shopping secara langsung terhadap impulse buying (5) pengaruh discount price secara tidak langsung terhadap impulse buying melalui hedonic shopping (6) pengaruh bonus pack secara tidak langsung terhadap impulse buying melalui hedonic shopping. Penelitian dilakukan pada pengunjung Matahari Department Store Cab. Malang Town Square. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian asosiatif. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Matahari Department Store Cab. Malang Town Square. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah  sebanyak 100 responden.

Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi discount pricedipersepsikan sangat baik, kondisi bonus pack dipersepsikan sangat baik, mayoritas reponden memilikihedonic shoppingyang tinggi, keputusanimpulse buyingberada pada tingkat yang tinggi (2) terdapat pengaruh secara langsung antara discount price terhadap impulse buying (3) tidak terdapat pengaruh secara langsung antara bonus pack terhadap impulse buying (4) terdapat pengaruh secara langsung antara hedonic shopping terhadap impulse buying (5) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara discount price terhadap impulse buying melalui hedonic shopping (6) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara bonus pack terhadap impulse buying melalui hedonic shopping.

 

Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) pengadaan riset pasar tentang perilaku pembelian mahasiswa (2) lebih menerapkan promosi discount price karena memiliki pengaruh langsung yang signifikan (3) konsumen disarankan tidak terlalu terpicu dengan promosi diskon (4) peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih dalam tentang variabel bonus pack.