SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Jasa dan HargaTerhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan AL-SHAHBA Umrah & Haji plus Cab Malang).

Iin Wahyuni Aprilia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilia, Iin Wahyuni. 2017. Pengaruh Kualitas Jasa dan HargaTerhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan AL-SHAHBA Umrah & Haji  plus Cab Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S, Si., M.M

 

Kata Kunci: Kualitas Jasa, Harga, Kepuasan Pelanggan

 Pada saat ini perkembangan sektor jasa telah mengalami peningkatan yang sangat pesat dibandingkan pada waktu sebelumnnya. perkembangan yang terjadi pada sektor jasa dapat dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan berbagai industri jasa. Di Malang, saat ini banyak bermunculan bisnis jasa, terutama seperti tour & travel Umrah & Haji atau bisa disebut juga biro perjalanan wisata islam, saat ini banyaknya dibutuhkan jasa ini karena kedua kegiatan ini merupakan suatu bentuk kegiatan perjalanan yang dilakukan seseorang atau  sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu yang bertujuan untuk kegiatan ibadah, pengembangan pribadi.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Deskripsi Kualitas Jasa, Harga dan Kepuasan Pelanggan pada Tour & Travel AL-SHAHBA Umrah & Haji  plus Cab Malang, selanjutnya untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Tour & Travel AL-SHAHBA Umrah & Haji  plus Cab Malang Variabel independen (bebas) pada penelitian ini adalah Kualitas Jasa dan Harga, sedangkan variabel dependen (terikat) adalah Kepuasan Pelanggan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan yang berdomisisli di Kota maupun kabupaten Malang. Menggunakan Teknik Sampling Jenuh yang berjumlah 50 responden

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelanggan Tour & Travel AL-SHAHBA Umrah & Haji  plus Cab Malang mempersepsikan Kualitas Jasa dan Harga  Terhadap Kepuasan Pelanggan sudah baik; (2)Kualitas Jasa berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan; (3)Harga Memiliki Pengaruh Negatif dan Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

 

Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah bagi perusahaan Perlunya Promosi lagi agar target pasarnya semakin luas karena dilihat dari hasil deskriptif responden menyatakan bahwa mayoritas pelanggan di kota malang berada di daerah kabupaten. Sehinggan pihak Tour & Travel AL-SHAHBA Umrah & Haji  plus Cab Malang Perlu memperluas pangsa pasarnya dengan cara menyebarkan brosur atau dengan cara mengikuti even yang diselenggarakan di tempat perbelanjaan di kota malang.Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk mencoba menambahkan variabel lain, misalnya Promosi,sehingga nantinya hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai perbandingan dengan penelitian ini. Serta diharapkan penelitian bersifat lebih luas lagi dengan membandingkan pelayanan yang dilakukan oleh travel satu dengan travel yang lainnya.