SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganModul Prinsip-prinsip Bisnis Berbasis Improve pada siswa kelas XII Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan

Ayu Mauliana Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemerintah selalu berupaya untuk menyempurnakan pendidikan dengan melakukan pembaharuan kurikulum. Pembaharuan kurikulum tersebut menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah mengembangkan perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa masalah antara lain : (1) Kurangnya bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang diterapkan; (2) Siswa hanya bergantung pada penjelasan guru dan internet; (3) Guru hanya menggunakan metode ceramah.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Merancang modul Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis brbasis Improve untuk siswa kelas XII Program keahlian pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan;(2) Menghasilkan modul Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis brbasis Improve untuk siswa kelas XII Program keahlian pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan; (3) Mengukur kelayakan modul Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis brbasis Improve untuk siswa kelas XII Program keahlian pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan melihat respon siswa melalui angket penilaian modul.

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall(1983) yaitu : (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; ( 5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; ( 7) Revisi produk akhir. Validasi modul dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli penulisan modul, dan 31 siswa.

Hasil validasi ahli materi mencapai 94% dengan keterangan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli penulisan modul mencapai 91% dengan keterangan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan angket penilaian dari siswa memperoleh hasil 90.7% dengan keterangan sangat valid, hal ini dikarenakan berada pada rentang 81-100. Sehingga dapat dikatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Saran bagi pengembang selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan modul prinsip-prinsip bisnis sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini secara maksimal. Selain itu, pengembang selanjutnya juga diharapkan dapat mengembangkan modul berbasis improve dengan materi yang berbeda agar dalam proses pembelajaran lebih variatif.