SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen)

Fazri Nur Yusuf, Olivia Fransiska Rivan

Abstrak


ABSTRAK

 

Rivan, O. F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suharto S.M., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci : Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Keaktifan, Hasil Belajar

 

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting. Untuk menciptakan pendidikan berkualitas perlu adanya peranan guru yang profesional dan berkompetensi. Terdapat kekurangan dalam proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diantaranya: (1) Model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif; (2) Pemahaman siswa terhadap materi kurang dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa yang mana 50% belum mencapai KKM; (3) Kemampuan siswa untuk berbicara terutama untuk mengungkapkan pendapat masih rendah; (4) Guru kesulitan menumbuhkan keaktifan siswa dalam membaca, bertanya dan menanggapi materi yang telah dipelajari.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Implementasi model pembelajaran Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan siswa kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen. (2) Keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan siswa kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen. (3) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan siswa kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI ADM 1 SMK PGRI Turen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap. Keaktifan siswa pada penerapan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terbukti mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II karena dalam pelaksanaan disiklus II selalu mendapat perbaikan yang diperoleh dari refleksi disiklus I. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I mempunyai persentase sebesar 61% dan meningkat menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dari aspek kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai siswa pada saat pre test siklus I sebesar 54 dan meningkat sebesar 82 pada saat post test siklus I. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai pre test siswa sebesar 70 dan 89 pada saat post test siklus II. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan, pada post test siklus I sebesar 75% meningkat pada post test siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan penelitian yaitu: penerapan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan yaitu: (1) Bagi guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, read, Reflect, Recite, Rewiew) dengan sebaik-baiknya sebagai alternatif pilihan model pembelajaran agar pembelajaran dikelas lebih bervariasi, dan juga untuk menumbuhkan keaktifan siswa guru diharapkan mengumpulkan alat elektronik apapun selama pembelajaran agar siwa lebih fokus dalam belajar. (2) Bagi Siswa diharapkan untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib, memperhatikan setiap instruksi dari guru dan juga melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Disarankan untuk mengurangi penggunaan alat elektronik apapun pada saat pembelajaran berlangsung. (3) Bagi peneliti lain, diharapkan dapat membuat dan merencanakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, read, Reflect, Recite, Rewiew) yang lebih inovatif dan matang agar mencapai tujuan yang maksimal. Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadikan referensi untuk mengembangkan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, read, Reflect, Recite, Rewiew) sesuai dengan perkembangan zaman.