SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sarana Prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran dan Cara Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana (Studi Pada Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan)

Silvya Anggraeny

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeny, Silvya. 2017. Pengaruh Sarana Prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran dan Cara Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana (Studi Pada Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: Sarana Prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran, Cara Belajar, Hasil Belajar

Sarana dan prasarana adalah salah satu sumber daya pendidikan yang digunakan untuk mendukung peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya. Ruang laboratorium dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar peserta didik dapat meningkatkan keterampilan serta menerapkan pengetahuan dengan mengalami proses atau percobaan sendiri. Selain didukung oleh sarana dan prasarana, peserta didik juga perlu memiliki cara belajar yang tepat agar proses belajar mengajar berjalan maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kondisi sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoran, cara belajar peserta didik, dan hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, (2) Pengaruh sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoran terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, (3) Pengaruh cara belajar peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, dan (4) Pengaruh lebih dominan antara sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoran dan cara belajar peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Variabel bebas penelitian ini adalah sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoran (X1) dan cara belajar peserta didik (X2). Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana (Y). Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XII APK SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 69 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.

 

Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan yaitu (1) Sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoranSMK Negeri 1 Pasuruan memiliki kondisi baik, namun ada beberapa sarana yang perlu ditambah. Peserta didik kelas XII APK SMK Negeri 1 Pasuruan memiliki cara belajar yang baik. Mayoritas peserta didik memiliki hasil belajar dalam kategori baik pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoranterhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel cara belajar peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana, (4) Variabel sarana prasarana laboratorium administrasi perkantoranmempunyai pengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana kelas XII APK SMK Negeri 1 Pasuruan.