SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan

NADIA INTAN KUMALA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kumala, Nadia Intan. 2017. Pengembangan Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol  Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suwarni, M. Si

 

Kata Kunci: Media Audio visual, Sparkol VideoScribe, Media Pembelajaran, Merumuskan Rencana Pemasaran

Media adalah alat perantara yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar karena dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, membangkitkan rangsangan keinginan atau minat kegiatan belajar. Dalam proses kegiatan belajar kehadiran media cukup penting, karena ketidakjelasan atau kerumitan dalam bahan yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai suatu perantara. Di dalam proses pembelajaran media yang digunakan hanya berbatas pada media powerpoint text dan verbal antara guru dan siswa terutama pada mata pelajaran perencanaan pemasaran. Berdasarkan hasil wawancara oleh guru, siswa masih membutukan media yang lebih membangkitkan keaktifan siswa dalam memulai pembelajaran dengan pemutaran video, siswa sebenarnya telah mempunyai potensi apabila di dalam kelas dapat menggunakan media yang berbeda dari yang pernah diterapkan. Oleh karena itu, pemanfataan audio visual dengan menggunakan Sparkol VideoScribe sebagai media pembelajaran dapat dijadikan sebagai inovasi siswa untuk menarik perhatian siswa dalam memulai pelajaran dan dijadikan sebagai sebuah media alternatif dalam mengatasi permasalahan kejenuhan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran

Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg & Gall (1989) yang telah dimodifikasi disesuaikan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya yangt terdiri dari: (1) analisis kebutuhan awal, (2) mengembangan produk awal, (3) validasi ahli, (4) revisi produk I, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk II, (7) produk akhir. Kegiatan uji coba lapangan dilakukan menggunakan metode deskriptif pada kelas X Pemasaran SMKN 1 Pasuruan sejumlah 35 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kulitatif, instrumen yang digunakan berbentuk angket atau kuisoner serta wawancara.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentasi sebesar 86%, ahli validasi materi 100%, uji coba pengguna guru sebesar 90%, dan uji coba pengguna siswa sebesar 88%, sehingga rata-rata dari empat analisis keseluruhan validasi diperoleh 89,5% Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan audio visual dengan menggunakan Sparkol VideoScribe sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.