SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Oriflame (Studi pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014-2015)

Putri Nur Mayasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mayasari, P.N. 2017. Pengaruh Citra Merek, KualitasProduk, Harga,danPromosiTerhadapKeputusanPembelianLipstikOriflame(StudiPadaMahasiswiManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang). SkripsiJurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang, PembimbingFitriana, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci :Citra Merek, KualitasProduk, Harga, PromosidanKeputusanPembelian.

Lipstikmerupakansalahprodukkosmetik yang digunakanuntukmewarnaibibir.Lipstiktermasukproduk yang digunakanwanitauntukmenunjangpenampilanmerekadalammelakukankegiatan.Salah satuperusahaan yang memproduksilipstikyaituOriflame.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhdarivariabelcitramerek, kualitasproduk, hargadanpromositerhadapkeputusanpembelianlipstikOriflame.PopulasidalampenelitianiniadalahMahasiswiManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang Angkatan 2014-2015 yang menggunakanlipstikOriflame.Sampeldalampenelitianiniadalah 115 responden.TeknikPengambilansampelmenggunakanProportional random samplingyaitupengambilansampeldarianggotapopulasisecaraproposional.Teknikanalisis data yang digunakanberupastatistikdeskriptifdananalisisregresiberganda.

HasilpenelitianinimenunjukanbahwacitramerektidakberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelianlipstikOriflame.KualitasProduk, Hargadanpromosiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian. Hargamerupakanvariabel yang paling dominanterhadapkeputusanpembelianlipstikOriflame.NilaiKoefisienDeterminasi R2sebesar 0,792artinyacitramerek, kualitasproduk, hargadanpromosiberpengaruhsecarabersama (simultan) sebesar 79,2% terhadapkeputusanpembelianlipstikOriflame. Sedangkansisahnya 20,8%dipengaruhiolehfaktor lain.

 

Saran bagiperusahaankosmetikOriflameuntuklebihmeningkatkancitramereknya agar terkesanlebihbaikdimatacalonkonsumennya, sehinggamemilikireputasi yang baikdimatakonsumennya.Perusahaan Oriflameharuslebihmingkatkanvarianwarnaproduklipstiknya agar konsumenlebihtertarikuntukmelakukankeputusanpembelianterhadapproduklipstikOriflame.