SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Hasil Belajar Praktik Industri Terhadap Pencapaian Kompetensi Kemampuan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang

TONI HIDAYAT

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Toni. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Praktik Industri Terhadap Pencapaian Kompetensi Kemampuan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program StudiS1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono, M.Pd, (II) Drs. Hadi Wasito, Dip. Ed, M. Pd.

 

Kata Kunci: Praktik Industri, Soft Skilldan Pendidikan Teknik Bangunan

Praktik Industri adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Salah satu tujuan dalam mata kuliah praktik industri adalah terciptanya keterampilan hard skill dan soft skill.Namun mahasiswa yang melaksanakan praktik industri hanya memiliki 33% kemampuan soft skill yang diindikasikan melalui rendahnya aktifitas dan jarangnya peran mahasiswa dalam mendayagunakan ilmu untuk memecahkan masalah di proyek. Maka diperlukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan Praktik Industri dengan peningkatan keterampilan soft skill mahasiswa.     

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar praktik industri terhadap kemampuan soft skill mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasidalampenelitianiniadalah mahasiswa Universitas Negeri Malang jurusanTeknik Sipil program studi Pendidikan Teknik Bangunanberjumlah 110 mahasiswa, dengan jumlah sampel 50 mahasiswa.Teknik sampling yang digunakan adalah Probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. TeknikAnalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Hasil analisis data menyatakanKemampuan soft skill mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tergolong dalam kriteria cukup baik dengan nilai prosentase sebesar 74,9%, indikator soft skill pada penelitian ini meliputi iterpersonal skill, intrapersonal skill dan kemampuan kerja profesional. Pelaksanaan praktik industri mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang dalam kriteria cukup baik dengan perolehan nilai rata-rata 4,68 dengan prosentase 93,6%.Terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan nilai Sig 0,193 atau diprosentasikan pengaruh 19,3%. antara nilai pelasanaan praktik industri terhadap pencapaian kompetensi soft skill mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

 

Dari hasilpenelitiandapatdisarankan penelitian lanjutandapat memperluas aspek-aspek penelitiandanjuga perbanyak populasi pada program keahlianlainnya.Mahasiswa lebih menigkatkan keseriusan dalam melaksanakan praktik industri sehingga kemampuan soft skill mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang tergolong dalam kriteria cukup baik dapat meningkat menjadi sangat baik.Mahasiswa lebih meningkatkan keefektifan pelaksanaan praktik industri sehingga perolehan nilai yang rata-rata tinggi bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.Mahasiswa lebih intensif dalam pelaksanaan praktik industri baik dalam praktik di lapangan maupun dalam proses bimbingan agar kompetensi soft skillmeningkat menjadi sangat baik.