SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Education Game pada Materi Perencanaan Produk dan Distribusi Kelas Kelas X Pemasaran di SMKN 1 Malang

Nur Mustofa Makhrobi

Abstrak


ABSTRAK

 

Makhrobi, Nur Mustofa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Education Game pada Materi Perencanaan Produk dan Distribusi Kelas Kelas X Pemasaran di SMKN 1 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si

 

Kata Kunci:   Media Pembelajaran, Education Game, Perencanaan Produk dan Distribusi, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Media pembelajaran berperan penting untuk membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Salain itu, media pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa, baik dalam kelas maupun pembelajaran secara mandiri. Media pembelajaran dengan education game ini dikemas dalam bentuk CD interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran dengan education game pada materi perencanaan pemasaran kelas X pemasaran di SMKN 1 Malang.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam langkah yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, ditribution. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan education game pada materi Perencanaan Produk & Distribusi, (2) menguji kelayakan media pembelajaran dengan education game yang digunakan dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar mendiskripsikan Perencanaan Produk dan Distribusi, (3) menghasilkan buku panduan penggunaan media pembelajaran.

Hasil analisis media pembelajaran dengan education game menunjukkan skor hasil validasi ahli materi 94% dan ahli media 91%. Pada ujicoba 30 siswa 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan education game yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi perencanaan pemasaran. Kritik dan saran pada penilaian validasi digunakan peneliti sebagai revisi produk.

 

Saran pemanfaatan bagi pengguna terlebih dahulu mempelajari dan memahami petunjuk penggunaan media dan kegiatan pembelajaran tidak hanya melalui pendidikan saja melainkan dapat dijadikan sumber belajar mandiri maka pengguna langsung berinteraksi dengan media. Media pembelajaran dengan education game ini dapat didiseminasikan kepada pendidik yang lain agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang inovatif serta melalui MGMP/MGMD tentang media pembelajaran, sehingga dapat digunakan oleh seluruh SMK jurusan Pemasaran. Pengembangan produk lebih lanjut perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan metode eksperimen melalui kelas kontrol. Pengembangan media pembelajaran selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan dengan penyesuaian perkembangan teknologi terbaru, untuk dapat menarik dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi akan sangat membantu untuk berkreasi, mengeksplor lebih banyak lagi mengenai media pembelajaran.