SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Ekplorasi Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen)

Erni Ikawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ikawati, Erni. 2017. StudiEksplorasi Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Wasiti, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci: Studi Eksplorasi, Proses Pembelajaran, Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran

Mata Pelajaran Otomatisasi merupakan bagian dari mata pelajaran Kompetensi Kejuruan pada program keahlian Administrasi Perkantoran yang ada di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran memiliki tujuan untuk membekali siswa dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal. Namun, kenyataanya peserta didik masih banyak yang acuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran di kelas dapat dilihat bahwa masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kesulitan siswa muncul ketika siswa di suruh untuk mengerjakan latihan dari guru mereka terlihat kebingungan. Kesulitan siswa tersebut terjadi ketika guru sudah memberikan contoh tetapi siswa masih tetap tidak bisa. Sehingga hasil yang diperoleh masih dibawah standar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran, serta upaya-upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut di kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dan siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan ada tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction ), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusions drawing and verification

 

Hasil penelitian menunjukkan: 1. Beberapa permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. yaitu: a. Siswa :budaya minat membaca yang masih rendah, pembelajaran yang masih berpusat pada guru. b. Guru: belum optimalnya penggunaan waktu pembelajaran, kecenderungan guru yang lebih menekankan pada aspek kognitif, iklim kelas yang belum kondusif, evaluasi yang belum sesuai dengan criteria penilaian, c. Kurikulum: belum mengembangkan materi pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan masih belum sesuai, d. Sarana dan Prasarana: ketersediaan perangkat pembelajaran yang kurang memadai, e. Lingkungan : lingkungan sekolah yang dekat dengan jalanraya dan perlintasan rel kereta api. 2. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu: a.Siswa : memberikan tugas dirumah untuk mencari materi selanjutnya, meningkatkan rasa percaya diri siswa, b. Guru : memberikan latihan yang nyata secara kontinu kepada siswa dengan menekankan aspek psikomotor, mengelola kelas dengan baik, penilaian dengan menggunakan criteria-kriteria yang ditentukan, c. Kurikulum : mengembangkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran, d. Sarana dan Prasarana : dengan pengecekan ulang pada setiap satu minggu sekali agar tidak mengganggu proses pembelajaran, e. Lingkungan : Karena letaknya keberadaan sekolah sulit untuk dirubah sehingga harus menyesuaikan.