SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intellectual Capital dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh CSR pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015

Vivi . Septiviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiviana, Vivi. 2017. Pengaruh Intellectual Capital dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh CSR pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Subagyo, S.E., S.H., M.M.

 

Kata Kunci: Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Penilaian perusahaan tidak hanya bisa dilakukan dengan melihat kinerja keuangan perusahaan, namun bisa juga dilakukan dengan melihat nilai intangible asset dan porsi kepemilikan saham oleh pihak manajemen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dan untuk mengetahui moderasi corporate social responsibility atas pengaruh intellectual capital dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 13 perusahaan property dan real estate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah format dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dan uji residual untuk menganalisis pengaruh variabel moderasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai perusahaan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015 sebagian besar tergolong sangat rendah, intellectual capital pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015 sebagian besar masuk dalam kategori top performers, kepemilikan manajerial pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015 sebagian besar tergolong sangat rendah, dan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015 sebagian besar tergolong rendah. 2) Intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. 3) Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. 4) CSR dapat memoderasi pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan. 5) CSR tidak dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.