SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan (Studi Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sinyal-sinyal dari Calon Pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen)

Nurul Evika Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, N.E.S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan (Studi Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sinyal-sinyal dari Calon Pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio 8, Pelayanan Penjualan.

Autoplay Media Studio 8 merupakan software untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya berupa gambar, suara, video, teks, dan flash kedalam presentasi yang dibuat.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk dan pengimplementasian media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 yang dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan  kelas XI pemasaran di SMK Negeri 1 Turen.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Research & Development menurut Borg dan Gall, yang terdiri dari 10 tahap penelitian yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (5) uji coba lapangan, (6) revisi hasil uji coba, (7) uji coba lapangan awal, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Produk hasil pengembangan ini divalidasi oleh dua validasi ahli materi dan dua validasi ahli media serta subjek uji coba dilakukan pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 pada mata pelajaran pelayanan penjualan. Berdasarkan hasil penilaian dari kedua ahli validasi materi terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan presentase sebesar 98,82% dengan kriteria “sangat kuat”, hasil penilaian dari kedua ahli validasi media menunjukkan presentase sebesar 94,66% dengan kriteria “sangat kuat”, dan hasil keseluruhan penilaian pengguna media (siswa XI Pemasaran) terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan presentase sebesar 95,26% dengan kriteria “sangat kuat”.

 

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran yaitu: saran pemanfaatan (1) media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD (Compect Disk) disimpan dalam tempat yang aman, (2) pengguna sebaiknya mempelajari buku petunjuk terlebih dahulu, (3) pemanfaatan media pembelajaran dapat ditunjang dengan penjelasan dari buku-buku atau sumber referensi lainnya, (4) guru dapat menambahkan penjelasan pada materi yang belum ada pada media pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bahasan materinya  lebih luas cakupannya dan lebih banyak kompetensi dasar yang diambil oleh peneliti selanjutnya dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8.