SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Pokok Bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang)

Irma Mastumasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mastumasari, Irma. 2017. Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Pokok Bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd.

 

Kata Kunci:media pembelajaran, video, hasilbelajar, Microsoft Publisher 2010

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi terhadap terjadinya revolusi di berbagai bidang, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Pemanfaatan TIK  pada bidang pendidikan bisa dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa menghasilkan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran pokok bahasan mengoperasikan Microsoft Publisher 2010, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran pokok bahasan mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 melalui hasil validasi ahli materi, ahli media dan siswa, (3) mengetahui efektivitas produk melalui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol.

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 langkah dalam pelaksanaan metode penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4)uji coba awal (validasi ahli), (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan (kelompok kecil), (7) revisi produk, dan (8) uji coba lapangan (kelompok besar).

 

Hasil angket validasi ahli materi memperoleh skor 100,00%, ahli media memperoleh skor 85,00% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 90,28% sehingga media dinyatakan sangat valid. Berdasarkan perhitungan uji t pada program SPSS, dapat diketahui perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 80,39 dan 64,67 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran disarankan