SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Bisnis Center Alfamart dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Pemasaran (Siswa Kelas X Alfaclass SMKN 1 Turen)

Selviani Putri Anggia

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggia, S.P.2017. Peran Bisnis Center Alfamart dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Pemasaran (Siswa Kelas X Alfaclass SMKN 1 Turen).Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr.WeningPatmiRahayu, S.Pd, M.M.

 

Kata kunci:Bisnis Center Alfamart, Kompetensi Psikomotor, Siswa Alfaclass

Bisnis center Alfamart ini merupakan hasil dari kerjasama antara PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis dan manajemen atau pemasaran. Salah satu SMK tersebut adalah SMKN 1 Turen. Bisnis center Alfamart merupakan laboratorium pengelolaan bisnis ritel yang digunakan oleh siswa Alfaclass untuk praktik secara nyata untuk menggali kompetensi, khususnya kompetensi psikomotor.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran umum mengenai bisnis center Alfamart SMKN 1 Turen, 2) mengetahui bagaimana pengoptimalan bisnis center Alfamart di SMKN 1 Turen, 3) mengetahui bagaimana peranan bisnis center dalam meningkatkan kompetensi psikomotor siswa kelas X Alfaclass SMKN 1 Turen.

Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kualitatif studi kasus (case study) dan termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan wawancara berjumlah 8 yaitu Kepala SMKN 1 Turen, Ketua Program Studi Pemasaran, Guru Pengurus Bisnis Center, Karyawan Bisnis Center dan 4 siswa Alfaclass.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bisnis center ini difasilitasi oleh pihak Alfamart karena merupakan bentuk kerjasama antara PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan SMKN 1 Turen, digunakan untuk praktik secara langsung bukan hanya simulasi. 2) bisnis center Alfamart dioptimalkan secara baik, bisnis center ini di desain serupa dengan toko Alfamart. Sarana dan prasarananya lengkap untuk praktik siswa. 3) bisnis center telah memberikan peran dalam meningkatkan kompetensi psikomotor siswa, siswa dapat melakukan penataan produk dan mencapai psikomotor tingkat kelima yaitu gerakan kompleks, siswa dapat mengoperasikan mesin kasir dan mencapai psikomotor tingkat ketiga hingga kelima yaitu gerakan terbimbing, terbiasa, kompleks. Siswa melayani konsumen dengan baik dan mencapai psikomotor tingkat tertinggi yaitu keenam yaitu penyesuaian dan keaslian, karena siswa sudah terbiasa. Bisnis center memberikan peranan yang baik. Melengkapi pembelajaran teori dengan praktik di bisnis center.

 

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran, yaitu: 1) untuk pihak sekolah mengupayakan agar bisnis center dapat dibuka untuk akses umum, 2) untuk pengurus bisnis center mengupayakan agar menambah jampraktik siswa di bisnis center, siswa yang piket bisa 3 atau 4 dengan memberikan jobdisk kepada masing-masing siswa 3) untuk jurusan pemasaran lebih memperluas kegiatan siswa, seperti kegiatan promosi.