SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Koperasi Pegawai Republik Indonesia Tahun 2013-2015

Nissya Endah Ismawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismawati, Nissya Endah. 2017. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Koperasi Pegawai Republik Indonesia Tahun 2013-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci : Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return on Asset (ROA

Tujuan utama koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Agar dapat meningkatkan kesejahteraan anggota maka pengelolaan keuangan koperasi harus dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu indikator pengelolaan keuangan yang baik adalah tercermin dari besaran rasio return on asset (ROA).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh debt to asset ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap ROA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausalitas. Objek penelitian adalah 62 Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kota Malang Tahun 2013-2015. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ROA cenderung menurun namun masih dalam kategori efisien dalam menghasilkan laba. DAR cenderung menurun namun masih dalam kategori efisien dalam penggunaan utang.Sedangkan DER cenderung meningkat namun masih dalam kategori efisien dalam penggunaan utang. DAR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA sedangkan DER tidak berpengaruh terhadap ROA.

 

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah diharapkan pengurus koperasi memperhatikan kondisi ROA koperasi. Apabila ROA turun terus menerus dalam  jangka panjang, maka akan menimbulkan potensi turunnya kesejahteraan anggota koperasi pula. Untuk menghindari kondisi tersebut, alangkah lebih baiknya apabila koperasi memperluas bidang usaha lainnya agar dapat bersaing dengan koperasi non KPRI lainnya.