SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Pokok Prosedur Pembuatan Surat Niaga untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat

Novita Kumalasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Perubahan kurikulum dari KTSPmenjadi Kurikulum 2013 menyebabkan ketersediaan modul yang sesuai dengan standar isi kurikulum menjadi terbatas. Modul pembelajaran berbasis POE merupakan salah satu bahan ajar yang mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain). Modul Korespondensi berbasis POE dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran karena dapat menciptakanpeserta didikyang aktif, kreatif, dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Modul Korespondensi berbasis POE ini cocok untuk diterapkan di SMK Negeri 1 Malang pada program keahlian Administrasi Perkantoran karena proses pembelajaran mata pelajaran Korespondensi, belum didukung oleh bahan ajar yang relevan sesuai dengan kurikulum 2013.Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan modul korespondensi berbasis POE pada materi pokok prosedur pembuatan surat niaga, (2) mengetahui kelayakan modul korepondensi berbasis POE, (3) mengetahui perbedaan keterampilan menulis surat yang tidak menggunakan modul korespondensi berbasis POE dengan keterampilan menulis surat yang menggunakan modul korespondensi berbasis POE.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaiakan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga dan biaya.Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli modul. Subjek penelitian ini yaitu (1) uji kelompok kecil sejumlah 12 peserta didikyang terdiri dari peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2danpeserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 4, (2) uji kelompok besar terdiri dari peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 3 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, angket, dan wawancara terstruktur.

Temuan hasil penelitian, kelayakan modul mencapai persentase 91% setelah di validasi oleh ahli materi danahli modul, dan setelah uji kelompok kecil, kelayakan modul mencapai 89%. Berdasarkan perhitungan uji t pada program SPSS, dapat diketahui perbedaan yang signifikan antara rata-rata keterampilan menulis surat peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 89,92 dan 84,31 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan modul Korespondensi berbasis POE (Predict-Observe-Explain) layak digunakan dan meningkatkan keterampilan menulis surat pada peserta didik.

 

Saran pemanfaatan bagi guru, agar menggunakan Modul Korespondensi Berbasis POE dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan saran pemanfaatan bagi peserta didik, agar menggunakan Modul Korespondensi Berbasis POE sebagai salah satu sumber belajar.