SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Karakteristik Jasa (Studi pada Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen)

Shynta Putri Indraswari

Abstrak


ABSTRAK

 

Indraswari, Shynta Putri. 2017. Pengembangan E-Module BerbantuanKvisoft Flipbook Make rpada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Karakteristik Jasa (Studi pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si

 

Kata Kunci: E-module, Kvisoft Flipbook Maker, PengetahuanProduk

E-module merupakan salah satu media pembelajaran berbentuk digital. Pengembangan e-module dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan bantuan software Kvisoft Flipbook Maker yang mampu membuat tampilan modul layaknya sebuah buku digital. Dengan software tersebut, e-module dapat ditambah video, audio, maupun file dengan format SWF.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development milik Borg dan Gall dengan modifikasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) menghasilkan e-module untuk mata pelajaran pengetahuan produk , (2) menguji kelayakan e-module berdasarkan hasil validasi media dan validasi materi, (3) mengetahui tanggapan pengguna terhadap e-module melalui ujicoba produk. Validasi dilakukan olehs eorang validator ahli media yang merupakan dosen jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang sertaseorang validator materi yang merupakan guru mata pelajaran pengetahuan produk di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan ujicoba lapangan dilakukan di kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen dengan jumlah 20 orang pesertadidik. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam dua cara, yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan kepada guru pengajar mata pelajaran pengetahuan produkdengan tujuan untuk mengetahui proses belajar mata pelajaran pengetahaun produk di SMK Negeri 1 Turen. Sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui nilai validas ie-module. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan hasil bahwa e-module hasil pengembangan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar alternatif untuk mata pelajaran pengetahuan produk. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator ahli media, diperoleh hasil 94.67% dengan kategori sangatkuat. Yang artinya e-module hasil pengembangan sangat layak untuk digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator ahli materi diperoleh hasil 80.95% dengan kategori kuat. Yang artinya e-module hasil pengambangan layak untuk diterapakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasi lujicoba lapangan diperoleh hasil 96.87% dengan kategori sangat kuat. Artinya e-module hasil pengembangan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan belajar alternatif dalam mata pelajaran pengetahuan produk.