SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan Business Center dalam Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Probolinggo

Mina Kiptiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kiptiah, M. 2017. Peranan Business Center dalam Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: business center, jiwa berwirausaha siswa

Business Center merupakan salah satu tempat usaha yang berada di lingkungan sekolah, sebagai fasilitas pelatihan siswa untuk berwirausaha. Melalui penyelenggaraan Business Center di sekolah diharapkan para siswa dapat memahami kegiatan yang dilakukan Business Center. Business Center memberikan manfaat yang nyata kepada setiap siswa dan pihak sekolah atas peranannya. Business Center dapat melatih dan mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui pengelolaan  Business Center di SMKN 1 Probolinggo, 2) Mengetahui manfaat yang diperoleh siswa SMKN 1 Probolinggo dengan adanya praktik Business Center, 3) Mengetahui peranan Business Center dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha siswa jurusan Pemasaran di SMKN 1 Probolinggo

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMKN 1 Probolinggo, Guru Pembina Business Center, Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Karyawan Business Center, dan siswa Jurusan Pemasaran SMKN 1 Probolinggo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan, meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket disebar kepada siswa Jurusan Pemasaran sebanyak 100 angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan Business Center SMKN 1 Probolinggo sudah berjalan dengan baik. Terdapat program-program untuk mengoptimalkan pengelolaannya. 2) Banyak manfaat yang diperoleh siswa dengan mengikuti kegiatan praktik di Business Center, dapat menunjang kegiatan pembelajaran siswa di sekolah. Siswa dilatih untuk mempunyai tanggung jawab, bersosialisasi dan belajar kemandirian. Siswa juga diajarkan untuk mempunyai keterampilan dan pengalaman berwirausaha. 3) Peranan Business Center SMKN 1 Probolinggo dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha siswa sudah berperan sangat efektif bagi siswa, Business Center sudah menjadi wahana belajar berwirausaha siswa, ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan praktik di Business Center. Hasil angket juga menunjukkan bahwa 61,27% siswa menjawab setuju terhadap peranan Business Center dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha siswa.

 

Berdasarkan paparan dan hasil penelitian, peneliti menyarankan: 1) Pihak pengurus Business Center seharusnya melibatkan lebih dari dua siswa untuk melakukan praktik di Business Center setiap harinya. 2) Pihak sekolah hendaknya menambah sarana yang ada di Business Center. 3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti permasalahan yang sama dengan penelitian ini, hendaknya menggunakan instrumen angket dengan skala Likert lima opsi jawaban.