SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS PADA MATERI TEKNIK NEGOSIASI (STUDI KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 1 PASURUAN)

Rizaldi Virgianzah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Virgianzah, Rizaldi 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Pada Materi Teknik Negosiasi (Studi Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univerisitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Komunikasi Bisnis, Teknik Negosiasi

Mata pelajaran Komunikasi Bisnis adalah salah satu mata pelajaran produktif pada kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Berdasarkan observasi pada saat melakukan Kegiatan Praktik Lapangan (KPL), didapatkan berbagai macam masalah, salah satunya yaitu kurangnya modul pembelajaran untuk mata pelajaran tersebut dikarenakan mata pelajaran ini adalah pecahan dari Kurikulum Sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Selain itu kurangnya referensi-referensi siswa mengenai buku-buku menyangkut tentang mata pelajaran komunikasi bisnis dan kurangnya kesadaran siswa untuk belajar mandiri. Solusi dari permasalahan ini adalah pemberian bahan ajar yang sama antar siswa dan sistematis berupa modul pembelajaran. Dan peneliti berharap adanya modul mata pelajaran Komunikasi Bisnis dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan peningkatan prestasi dibidang akademik di siswa Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Pada Materi Teknik Negosiasi di SMK Negeri 1 Pasuruan dan mengetahui kelayakan dari modul tersebut. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan bisa membantu guru dalam menyampaikan materi pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) dan juga sebagai bahan ajar tambahan untuk memudahkan siswa untuk menerima materi sehingga siswa tidak menunggu guru untuk mendapatkan materi yang lengkap dan sistematis.

Metode penelitian yang diambil menggunakan metode Research and Development (R&D) Sugiyono yang disesuaikan dengan penelitian, langkah-langkah metode tersebut adalah : 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk Awal (Draft Produk); 4) Validasi Oleh Para Ahli; 5) Revisi Produk Awal; 6) Uji Coba Kelas Terbatas; 7) Revisi Produk; Produk Final. Untuk subyek uji coba dibagi menjadi 2 (Dua) yaitu 1) Subyek Ahli modul dan materi dan 2) Uji Coba Kelas Terbatas. Untuk uji coba kelas terbatas menggunakan 27 Orang siswa dari Kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dari para pakar dan lembar angket respon siswa. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil dari penelitian ini adalah (1). Modul ini telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa; 2) Hasil dari rata-rata angket respon siswa yaitu sebesar 4,36 dengan kategori sangat setuju dan (3) Hasil Validasi dilakukan oleh para ahli yaitu 1 (Orang) Ahli Modul dan 2 (Dua) Orang Ahli Materi. Untuk Ahli Modul, rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,07 dengan kategori Valid, sedangkan untuk Ahli Materi, Ahli Materi 1 rata-rata skor yang diberikan sebesar 4,33 dengan kategori Sangat Valid dan untuk Ahli Materi 2 rata-rata skor yang diberikan sebesar 3,57 dengan kategori Valid.