SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Mengemukakan Peraturan Cuti (Studi Pada Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri)

Dwi Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Dwi Novita 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Kompetensi Dasar Mengemukakan Peraturan Cuti (Studi Pada Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: Modul Pembelajaran,Administrasi Kepegawaian, Guided Inquiry, Hasil Belajar

Modul pembelajaran merupakan sarana belajar yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Administrasi Kepegawaian masih sangat terbatas dan guru pengajar masih mengalami kesulitan mencari bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu sarana yang dapat menunjang kelancaran dalam proses kegiatan belajar mengajar agar siswa dapat belajar secara mandiri serta berpikir kritis dan analitis sehingga proses pembelajaran lebih bermakna.

Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK/MAK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada kompetensi dasar (3.6) mengemukakan peraturan cuti dan (4.6) mengkaji peraturan cuti, 2) mengetahui kelayakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Guided Inquiry melalui uji validasi, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Guided Inquiry dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Guided Inquiry.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari model Pengembangan Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall melalui delapan langkah pengembangan hasil modifikasi yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Penyusunan DraftProdukAwal, 4) Uji Ahli Materi dan Uji Ahli Produk, 5) Revisi Draft Produk, 6) Uji Kelompok Kecil, 7) PenyempurnaanProduk, 8) Uji Kelompok Besar.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid, yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 91,88%. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yakni sebesar 10,81 (dengan nilai rata-rata kelas kontrol 82,58 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 93,39) dan peningkatan persentase ketuntasan kelas sebesar 3,33% (dengan persentase ketuntasan kelas kontrol 93,55% dan persentase ketuntasan kelas eksperimen 96,88%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Modul Administrasi kepegawaian Berbasis Guided Inquiry adalah sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar di kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.