SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Self Efficacy Peserta Didik Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Yuniar Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Yuniar. 2017. Self Efficacy Peserta Didik Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj Wasiti, S.Sos.,M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Self Efficacy dimensi tingkat level, Self Efficacy dimensi tingkat kekuasaan, Self Efficacy dimensi tingkat generalisasi.

Hasil Belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Salah satu faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar yakni self efficacy  yang diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mampu menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas, terutama bila hasil belajar tersebut merupakan tujuan yang ingin dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan self efficacy dimensi tingkat level, kekuasaan dan generalisasi peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X  SMK Cendika Bangsa Kepanjen, (2) Mengetahui pengaruh secara positif dan signifikan self efficacy dimensi tingkat level, kekuasaan dan generalisasi peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 36 peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran dan X Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Variabel penelitian meliputi Self Efficacy dimensi tingkat level, Self Efficacy dimensi tingkat kekuasaan, Self Efficacy dimensi tingkat generalisasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self Efficacy dimensi tingkat level, kekuasaan, dan generalisasi peserta didik  termasuk dalam kategori tinggi, serta hasil belajar peserta didik pada kategori tinggi. (2) Nilai sig. variabel Self Efficacy dimensi tingkat level sebesar 0,041, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  antara Self Efficacy dimensi tingkat level terhadap hasil belajar, (3) Nilai sig. variabel Self Efficacy dimensi tingkat kekuasaan sebesar 0,002, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  antara Self Efficacy dimensi tingkat kekuasaan terhadap hasil belajar, (4) Nilai sig. variabel Self Efficacy dimensi tingkat generalisasi sebesar 0,015, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Self Efficacy dimensi tingkat generalisasi terhadap hasil belajar. Oleh karena itu peserta didik diharapkan agar tetap mempertahankan efikasi diri yang dimiliki dengan adanya keyakinan terhadap dirinya atas kemampuan yang dimiliki dari berbagai pilihan dalam belajar, sehingga dapat mempertahankan hasil belajar yang dimiliki secara optimal.