SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas XI APK di SMK Negeri 1 Malang)

Dina Hasti Wedari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wedari, Dina Hasti. 2017. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Wasiti, S.Sos., M.Si.

 

Kata Kunci: modul, Administrasi Kepegawaian, learning cycle 5E, hasil belajar

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran. Melalui modul, peserta didik dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan guru mata pelajaran. Untuk membantu proses pembelajaran peserta didik di kelas, peneliti mengembangkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri serta membangun pengetahuan dengan memahami konsep serta berpikir kritis.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E untuk peserta didik SMK/MAK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran, (2) untuk mengetahui kelayakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E melalui uji validasi, (3) untuk mengetahui efektivitas modul melalui perbedaan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E dan peserta didik yang menggunakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E.

Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah penelitian yaitu, penelitian dan pengumpulan awal, perencanaan pengembangan produk, proses penyusunan modul, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan uji lapangan. Validasi modul dilakukan oleh satu orang dosen Jurusan Manajemen sebagai ahli modul, satu orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian SMK Negeri 1 Malang sebagai ahli materi, dan enam peserta didik yang terdiri dari 3 peserta didik kelas XI APK 2 dan 3 peserta didik kelas XI APK 4 di SMK Negeri 1 Malang sebagai validator pengguna.

Produk yang dihasilkan berupa modul Administrasi Kepegawaian berbasis Learning Cycle 5E dilengkapi dengan buku pegangan guru. Kompetensi dasar yang dikembangkan dalam modul ini adalah Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan. Jenis data yang terdapat dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara serta kritik dan saran dari validator ahli dan pengguna (peserta didik) terhadap modul yang sudah dihasilkan. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor lembar validasi oleh ahli modul, ahli materi, dan pengguna (peserta didik), hasil tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, serta hasil skor post test pada kelas eksperimen dan kontrol.

 

Hasil analisis validasi modul oleh ahli materi adalah 82% yang menunjukkan bahwa modul valid, ahli modul sebesar 95% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid, dan validasi oleh peserta didik sebagai pengguna sebesar 90% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid. Berdasarkan hasil nilai post test , dapat diketahui perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 86,13 dan 81,41 dan ketuntasan kelas sebesar 100% sehingga modul dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar peserta didik secara mandiri. Oleh karena itu, guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian disarankan menggunakan modul ini sebagai alternatif penunjang kegiatan pembelajaran.