SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran untuk Meningkatkan Hsil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi)

Liza Zimmy Kholidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kholidah, Liza Zimmy. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Wasiti, S.Sos., M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Learning, Blog, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran produktif Otomatisasi Perkantoran dan observasi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, pembelajaran di sana masih menggunakan cara tradisional seperti metode ceramah, menggunakan LCD, video, dan contoh kasus. Sedangkan fasilitas seperti laboratorium komputer dan jaringan internet belum dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan potensi yang terdapat di sekolah, maka dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajarane-learning berbasis blog guna menciptakan suasana belajar yang baru dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) oleh Borg and Gall yang dibatasi sampai langkah ke sembilan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Validasi media dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 6 siswa uji coba lapangan terbatas kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dan 41 siswa uji coba pemakaian kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai post test siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.

Hasil validasi ahli materi sebesar 87%, validasi ahli media sebesar 91%, dan validasi uji coba lapangan terbatas sebesar 82%. Dari ketiga hasil validasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis blog valid dan dapat digunakan untuk uji coba pemakaian. Sedangkan hasil validasi dari siswa uji coba pemakaian sebesar 85% yang berarti media sudah valid dan dapat digunakan untuk skala yang lebih luas.

 

Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah adanya perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Rata-rata nilai sebelum menggunakan media pembelajaran adalah 77,19 dan rata-rata nilai sesudah menggunakan media pembelajaran adalah 80,73 yang berarti media pembelajaran e-learning berbasis blog yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.