SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Melaksanakan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Melalui Tindakan Refleksi (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri)

Annisa Vidya Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Annisa Vidya. 2017. Analisis Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Melaksanakan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Melalui Tindakan Refleksi (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran Di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: kompetensi profesional guru, pengembangan keprofesionalan    berkelanjutan (PKB), refleksi.

Upaya peningkatan, pengawasan, dan evaluasi kompetensi guru diawali pemerintah pada tahun 2013 dengan menerapkan program penilaian kinerja guru (PKG). Hasil PKG digunakan untuk menyusun profil kinerja guru. Hasil PKG ini yang kemudian bagi guru digunakan untuk menghitung angka kredit dalam kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya dan digunakan sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB). Unsur kegiatan PKB terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Namun, praktik kegiatan pengembangan profesi bagi guru produktif pemasaran di SMKN 2 Kediri masih belum menemukan pola yang sesuai dengan esensi pedoman pelaksanannya. Tindakan refleksi, PKG, dan PKB dinilai guru sebagai tuntutan kebijakan yang bersifat administratif. Hasilnya adalah tuntutan portofolio kinerja guru untuk pengurusan kenaikan pangkat jabatan.

Penelitian ini memiliki fokus yaitu: (1) Praktik tindakan refleksi atau evaluasi diri yang dilakukan guru produktif pemasaran SMKN 2 Kediri, (2) Perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) yang dilakukan guru produktif pemasaran SMKN 2 Kediri, dan (3) Dampak pasca pelaksanaan kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) terhadap guru produktif pemasaran SMKN 2 Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan fenomenologi. Penetapan informan penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik snowball throwing untuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Wawancara; dan (2) Dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teknik pengecekan keabsahan data triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan kecukupan referensial.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: (1) Praktik tindakan refleksi atau evaluasi diri oleh guru produktif pemasaran di SMKN 2 Kediri sudah dilaksanakan, tetapi belum sesuai dengan pedoman pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB). Indikatornya dilihat dari pemanfaatan jurnal pembelajaran yang kurang maksimal, refleksi hasil belajar siswa bersifat represif, dan laporan PKG dipahami sebagai tuntuan portofolio kinerja guru untuk kenaikan pangkat. (2) Perencanaan PKB yang dilaksanakan oleh guru bersifat fleksibel, sesuai dengan pemberitahuan ketersediaan jadwal pengembangan diri. Sedangkan jenis kegiatan PKB yang diikuti oleh guru produktif pemasaran di SMKN 2 Kediri telah memenuhi unsur-unsur kegiatan PKB. Tindak lanjut PKB

yaitu guru melaksanakan pengimbasan pada teman sejawat serta KBM dan bukti keikutsertaan PKB dimasukkan penilaian dalam SKP. (3) Dampak pelaksanaan PKB yang dialami oleh guru produktif pemasaran berimbas pada KBM yang lebih variatif dan kontekstual. Namun di satu sisi, kegiatan PKB juga menambah tuntutan administratif bagi guru.

 

Saran yang dapat diberikan melalui hasil penelitian ini yaitu ditujukan pada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, sebagai dasar monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) pada tingkat satuan pendidikan di Kota Kediri sehingga dapat ditindaklanjuti, (2) Kepala Sekolah SMKN 2 Kediri, sebagai dasar evaluasi pelaksanaan kebijakan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) yang melibatkan berbagai pihak didalamnya yaitu guru, asesor, dan dunia industri. Sehingga semua pihak dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) sesuai dengan pedoman, (3) Guru Produktif Pemasaran SMKN 2 Kediri, sebagai dasar refleksi atau evaluasi diri terhadap kinerja guru dalam melaksanaan kebijakan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB), sehingga pelaksanaan PKB selanjutnya dilaksanakan sesuai dengan esensinya dan fungsionalnya, dan (4) Peneliti lain, sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian dalam bidang profesionalisme guru berdasarkan undang-undang pendidikan, namun dalam ruang lingkup dan latar belakang yang berbeda.