SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen)

Rangga Buana

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-modul mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flip Book Maker dengan model Guided Inquiry untuk siswa SMK Negeri 1 Turen kelas XI APK Semester Genap, (2) mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat melalui proses uji validasi, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar melalui proses membandingkan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan modul dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg & Gall. Untuk mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat, peneliti menggunakan angket ahli materi, angket ahli media angket respon siswa dan tes pada uji coba produk.

 

Hasil validasi materi menunjukan hasil sebesar 96,87 %, ahli media sebesar 87,5% dan 97,72 %, respon siswa sebesar 85,11 %. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid / layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Ditinjau dari perbandingan rata-rata kenaikan hasil belajar dari segi kognitif dan psikomotorik, kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria efektifitas penggunaan e-modul, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang dihasilkan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan termasuk dalam kategori sangat tinggi.